Penerapan Pengadaan Hijau (Green Procurement) Pada UKM Kuliner Pempek Palembang

Main Article Content

Heriyanto
Dina Melita
Andrian Nopriadi
Ayu Utari

Abstract

Penerapan pengadaan Hijau, bertujuan agar para konsumen membeli barang dan jasa yang memberikan dampak yang minimal terhadap lingkungan dibanding produk sejenis, atau yang telah memperhatikan aspek lingkungan dalam daur hidupnya, tenknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan informannya berupa para pemilik Ukm Pempek. yang berjumlah 28 pengusahan, hasil wawancara terhadap informan penelitian ditemukan bahwa bahan baku yang digunakan juga ramah lingkungan karena bahan baku yang dipakai yang berkualitas dan memilih ikan segar seperti ikan tenggiri, kakap, gabus serta sagu yang digunakan adalah sagu cap tani memiliki izin BPOM. Dalam proses pembuatan pempek ini tidak mengunakan bahan pengawet sehingga pempeknya aman untuk dikonsumsi serta ramah terhadap lingkungan. Hampir semua ukm pempek yang menjadi informan dalam penelitian ini belum mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, hanya ada satu ukm yang sudah memperoleh sertifikasi halal dari MUI yaitu pempek Rizky. Para pemilik ukm pempek kota palembang belum melakukan minimalisas limbah karena rata-rata limbah yang dihasilkan rata-rata tidak dimanfaatkan kembali.

Article Details

How to Cite
Heriyanto, H., Melita, D., Nopriadi, A., & Utari, A. . (2022). Penerapan Pengadaan Hijau (Green Procurement) Pada UKM Kuliner Pempek Palembang. Progress Conference, 5(2), 494–498. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/548
Section
Articles

References

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/marwah/article/download/2650/1669

Nuhayati, Dkk. (2016). Kinerja Rantai Pasok Dan Nilai Tambah Dengan Internalisasi Aspek Lingkungan Pada Agroindustri Ayam Ras Pedagang .Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 26.

Saputra, Hendra. dan Prima, Fithri. (2012, Maret). Perancangan Model Pengukuran Kineja Green Supply Chain Pulp Dan Kertas. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 10.

Wahyuni, M. & Armada, S. (2012). Pempek Limbah Tulang Ikan Sehat Dan Lezat. Makalah Pada Program Kreatifitas Mahasiswa- Gagasan Tertulis, 14.

Yudo, Satmoko. & Setiyono. (2010, Januari). Prototipe Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri Pengolahan Ikan Di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Tek.Ling Vol.11 No.1 , 26.

Zaroni. Green Supply Chain & Logistic. Jurnal Supply Chain Indonesia, 6.