Peningkatan Usaha Jamur Tiram Melalui Pendampingan Manajemen Kemasan Produk

Main Article Content

Via Lailatur Rizki
Firdaus Al Maidah
Nur Latifa Isnaini Putri

Abstract

Jamur Tiram merupakan salah satu budidaya yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dimana jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur memiliki banyak vitamin dan mineral sehingga banyak dikonsumsi oleh masyarakat untuk berbagai macam makanan olahan. Pengabdian kepada masyarakat ini menganalisa permasalahan yang dihadapi mitra usaha jamur tiram yang pertama terbatasnya pengetahuan dalam hal pengemasan, kedua tidak ada label secara spesifik sibagai ciri khas mitra usaha jamur tiram, ketiga terbatasnya pengetahuan terkait inovasi produk olahan jamur tiram. Metode yang digunakan yaitu survey dan wawancara guna memudahkan proses berjalannya program pengabdian kepada masyarakat ini. Maka, hasil yang diperoleh antara lain: 1) Mitra dapat melakukan pengemasan produk beraneka ragam melalui pelatihan pengemasan produk 2) Mitra memiliki desain logo jamur tiram sebagai ciri khas pada pelatihan pentingnya label dari suatu produk, 3) Mitra dapat melakukan berbagai macam inovasi produk olahan jamur tiram untuk memperluas pangsa pasar.

Article Details

How to Cite
Rizki, V. L., Maidah, F. A., & Putri, N. L. I. (2022). Peningkatan Usaha Jamur Tiram Melalui Pendampingan Manajemen Kemasan Produk. Progress Conference, 4(1), 468–476. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/545
Section
Articles

References

Cahyorini & Rusfian. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, 11-21.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).

Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Andi : Yogyakarta.

J.Setiadi, Nugroho. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Pertama, Penerbit Kencana:Jakarta.

Kotler. Philip dan Gary Armstrong. 2012. Manajemen Pemasaran. Erlangga : Jakarta.

Sastradipoera, Komarudin. (2003). Manajemen Marketing, Suatu Pendekatan Ramuan Marketing. Bandung: Kappa-Sigma.

Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran. Andi: Yogyakarta.

Purnomo, N. C., Ardana, I., dan Handoko, C. T. (2013). Perancanan Kemasan dan Media Promosi Kue Gandjelrel Khas Kota Semarang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), p.7.

Rhina Uchyani, Heru Irianto, 2015, Pengemasan Produk Dalam Meningkatkan Produk Berbahan Baku Kacang Yang Marketable. Laporan Prosiding Seminar Nasional 4th SME’s Summit Dan Awards 2015.

Wadud, Abdul Muizz. Fitriani, Enung. (2021). Pelatihan Desain Kemasan Dalam Rangka Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM di Kabupaten Kuningan. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.3 No.2, 177-186.

Wahyuni, I., & Ernawati, S. (2020). Analisis Pengaruh Product Assortment dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Pada UMKM Di Kota Bima.

Widiati, Ari. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura) Vol 8 No 6 : 67-76