Pengembangan Desa Tematik Melalui Economic Branding Berbasis Partisipasi Masyaraka

Main Article Content

Mohammad Ato’illah
Fauzan Muttaqien

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk mengkaji keterlibatan masyarakat dalam pengembangan desa tematik di Lumajang. Selanjutnya akan dibuat model untuk kosep pengembangan desa tematik melalui economic branding berbasis partisipasi masyarakat lokal. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan melakukan survey lapangan, pengamatan dan wawancara secara mendalam dilakukan di desa Labruk Lor kecamatan Lumajang dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat setempat. Hasil pengamatan selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk model pengembangan desa tematik dengan berbasis partisipasi masyarakat lokal. Masyarakat lokal di desa Labruk Lor berpartisipasi aktif dalam pengembangan desa tematik . Masyarakat terlibat dalam kegiatan desa tematik melalui program desa berdaya yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Article Details

How to Cite
Ato’illah, M., & Muttaqien, F. (2022). Pengembangan Desa Tematik Melalui Economic Branding Berbasis Partisipasi Masyaraka. Progress Conference, 5(2), 419–422. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/538
Section
Articles

References

Armstrong, dan Kotler 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan,Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Kompasiana Beyond Blogging, UU Perbedaan UKM dan UMKM.

https://www.kompasiana.com/angelsari/5c18a1ba43322f6dd9232683/perbedaan-ukm-dan-umkm, 18 Desember 2018, dikunjungi pada tanggal 2 Oktober 2022.

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol), PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler,Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium (Terjemahan). PT Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta. Prehallindo.

Kotler, & Amstrong. (2006). Principle of Marketing. United State: Pearson Prentice Hall.

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta. Mudrajad Kuncoro, Ph.D, 2003.

Nurhabibah, Ayu. 2016. Jurnal. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pusat Oleh-Oleh Getuk Goreng Khas Sokaraja Banyumas Jalan Raya BuntuSampang.ejurnal Manajemen (2016)

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng, Memahami dan Mengerti : Badan Usaha Milik Desa, https://www.bulelengkab.go.id/detail/artikel/memahami-dan-mengerti-badan-usahamilik-desa-bumdes-45, 08 Agustus 2017, dikunjungi pada tanggal 2 Oktober 2022.

Undang-undang No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM

Undang Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 tentang Desa

Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pedoman umum Pedoman Umum Program Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Perdes Desa Labruk Lor tanggal 22 April 2018, tentang pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)