Pemberdayaan Masyarakat Desa Selokbesuki Lumajang Melalui Pelatihan Budidaya Ikan Lele Dan Pembuatan Pakan Ikan Lele

Main Article Content

Kartika Ayu Kinanti
Ayu Nareswari

Abstract

Desa Selokbesuki merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Potensi Komoditas pertanian antara lain tebu, jagung, dan padi. Komoditas peternakan antara lain sapi, kambing dan ayam. Sementara komoditas perikanan terdapat budidaya lele yang sedang di kembangkan oleh warga Desa Selokbesuki. Selain itu terdapat salah satu pembudidaya ikan lele di desa Selokbesuki yang sudah melakukan produksi pakan lele sendiri tapi belum dimaksimalkan atau belum diperjualbelikan dan dimanfaatkan untuk pembudidaya ikan lele lainnya di Desa. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan budidaya ikan lele yang benar dan pembuatan pakan lele sehingga tidak hanya digunakan untuk pemenuhan pangan keluarga melainkan sebagai potensi peningkatan ekonomi desa serta mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah pembudidaya ikan lele di desa Selokbesuki dan mampu memproduksi pakan ikan lele dalam skala besar sehingga bisa dipasarkan keluar desa Selokbesuki. Pelatihan budidaya ikan lele diawali dengan sosialisasi dengan narasumber Dinas Perikanan dan perwakilan Kampung Lele sedangkan untuk pembuatan pakan ikan lele dilakukan di salah satu pembudidaya ikan lele yang sudah mampu membuat pakan ikan lele sendiri. Antusias warga untuk mengikuti sosialisasi budidaya ikan lele menunjukkan semangat warga untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Article Details

How to Cite
Kinanti, K. A., & Nareswari, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa Selokbesuki Lumajang Melalui Pelatihan Budidaya Ikan Lele Dan Pembuatan Pakan Ikan Lele. Progress Conference, 5(2), 410–418. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/537
Section
Articles

References

Sumardi et al., " Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Saat Pandemik Covid-19 Melalui Budidaya Ikan Lele Dalam Ember Di Desa Cibitung Tengah Tenjolaya Kabupaten Bogor," Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol. 6 , No. 5 , Hal 486-490, Agustus 2021.

Marlina. Ena et al., " Budidaya Lele Sebagai Bentuk Penujang Swasembada Pangan Bagi Masyarakat Desa," Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1 , No. 2, Hal. 110 - 115, April 2020.

Y. Uun et al., " Pelatihan Dan Pendampingan Pengelolaan Pakan Mandiri Dan Lingkungan Berkelanjutan Guna Meningkatkan Budidaya Ikan Lele Di Kabupaten Tuban," JP2T, Volume 2, Nomor 1, April 2021.

M. C. Yus et al., " Pemberdayaan Masyarakat Desa Parangargo melalui Pelatihan Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Biona," Jurnal Pengabdian Mayarakat, Vol. 12, No.2, Hal 279-284, Juni 2022.

L. Y. Wachidatul et al., " Pemberdayaan Masyarakat Desa Wakah, Kecamatan Ngrambe Melalui Pembuatan Pakan Lele Alternatif Dari Ampas Tahu Dan Probiotik," Jurnal Ilmiah Pengabdian Mayarakat, Vol. 3, No.2, Hal 108-114, Februari 2017.

Permadi. Hendro et al., " Membangun Ekonomi Masyarakat Desa Ringinsari Yang Mandiri Dengan Budidaya Dan Pembuatan Pakan Alternatif," Jurnal Graha Pengabdian, Vol. 4, No.1, Hal 28-36, Februari 2022.

Efawani et al., " Pemanfaatan Ampas Tahu Dan Eceng Gondok Sebagai Pakan Lele Pada Kolam Terpal Di Dusun I Desa Lubuk Siam Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau " Unri Conference Series: Community engagement., Volume 1, 2019.

E. R. Sudibyo et al., " Pemeliharaan Dan Pembuatan Pakan Lele Di Desa Kacangan Dan Andong Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali," Webinar Nasional Pengabdian Masyarakat, Oktober 2020.

D. A, Laily et al., "Pemberdayaan Masyarakat Desa Karang Asem Timur Dalam Optimalisasi Budi Daya Ikan Dan Produk Olahannya," Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 8, no. 2, pp. 158-164, 2022.

Novaria. Rachmawati et al., " Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Penyediaan Mesin Pakan Ikan Lele Di Desa Nogosari Kabupaten Pacitan," Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2019.

N. F. Teungku, " Ibw Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Di Desa Blangkuala, Meukek, Aceh Selatan," Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3 No.1 Tahun 2019.

D. A, Laily et al., "Pemberdayaan Masyarakat Desa Karang Asem Timur Dalam Optimalisasi Budi Daya Ikan Dan Produk Olahannya," Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 8, no. 2, pp. 158-164, 2022