Digital Marketing UMKM Carangmas di Dusun Paras Desa Mulyoarjo

Main Article Content

Gigih Priyandoko
Mufidatul Ma’sumah
Niken Paramita

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat perubahan besar di kalangan masyarakat. Masyarakat dipaksa mengubah pola pikir dan kebiasaan yang jauh berbeda dari sebelumnya. Pelaku usahapun dipaksa untuk menerapkan strategi yang berbeda untuk keberlangsungan bisnisnya dan menambah luas jangkauan pemasaran. Jangkauan pemasaran UMKM Carangmas ini belum begitu luas karena terkendala beberapa hal diantaranya pemasaran. Penjualan yang masih konvensional dicoba untuk beralih ke media digital yang lebih luas penyebarannya. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital pada mitra. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, praktik, pendampingan dan evaluasi dipilih untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Penyampaian materi seputar digital marketing kepada mitra disesuaikan dengan konteks bahasa masyarakat setempat. Penerapan digital marketing diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM Carangmas di RW 12, Dusun Paras, Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, sehingga efek jangka panjang yang dihasilkan bahwa pelaku UMKM mulai terbiasa memanfaatkan teknologi digital. Hasil dari evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa mitra dapat mengenal, membuat media sosial dan sekaligus memasarkan produknya. Mitra cukup puas dengan hasil tersebut. Kedepannya akan terus dilakukan monitoring dari kegiatan ini.

Article Details

How to Cite
Priyandoko, G., Ma’sumah, M., & Paramita, N. (2022). Digital Marketing UMKM Carangmas di Dusun Paras Desa Mulyoarjo. Progress Conference, 5(2), 404–409. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/536
Section
Articles

References

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 4(1), 69–76.

Anggraeni, F. D., Bija, M. S., Wardana, A. T., & Bupu, J. M. (2022). Strategi Perluasan Pemasaran Beras Kemasan dan Pelatihan Pembukuan Sederhana di UMKM Dewi Sri Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 5(1), 128–135.

Boboy, I. T. M., Priyandoko, G., Mustikawaty, O., Raharja, G., Fauzi, M. L., & Rofiqoh, L. A. (2022). Pemberdayaan Sosial Melalui Inovasi Produk UMKM Keripik Tempe Studi Kasus di Desa Permanu. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 5(2), 227–234.

Ilhami, S. D., Putri, N. B., Sari, D. A., & Mar’ah, S. (2022). Pendampingan Strategi Pemasaran “Pawon Anita” alam Rangka Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 5(1), 100–106.

Ilhami, S. D., & Setiadi, T. (2022). Penguatan Produk “Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 5(2), 202–210.

Marisa, F., Silviana, S., Sahbana, M. A., & Rofi’i, F. (2022). Peningkatan Strategi Pemasaran Melalui Workshop Digital Marketing dan Kolaborasi Pada Asosiasi UMKM “Akukarlos” Progress Conference Volume 5, Number 2, November 2022| 409 Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks " SOLIDITAS" (J-SOLID), 5(2), 307–312.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. 2(1), 294–300.

Novianti, K. R., Roz, K., & Sa’diyah, C. (2021). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 4(2), 187–193.

Pramawati, I. T., Putri, K. M. D., & Mulyawan, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung dalam Meningkatkan Profit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 263–275.

Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. KOMVERSAL: Jurnal Komunikasi Universal, 2(1), 28–50.

Robbie, R. I., & Marsudi, M. (2021). Pelatihan Digital Marketing Dalam Membentuk Branding Sekolah. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 4(2), 194–199.

Rosalin, S., Agustina, R., Kusairi, K., Utami, R. B., & Wardana, A. A. (2022). Scale Up Bisnis UMKM Kota Malang RPMR Melalui Pelatihan Manajemen dan Hukum Bisnis Dalam Rangka Recovery Pandemi Covid-19. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 5(2), 313–321.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis

Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50.

Wicaksono, L. H., Nikmah, T. M. L., Maulidiyah, T., & Haghe, M. F. S. (2021). Penguatan Personal Branding dan Peningkatan Penjualan Online Koperasi Preman Super Kecamatan Blimbing Kota Malang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks "SOLIDITAS" (J-SOLID), 4(2), 136–142.