Peningkatan Mutu Kemasan Dan Daya Saing Carangmas di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari

Main Article Content

Yuni Agung Nugroho
Frida Dwi Anggraeni

Abstract

Keunggulan daya saing suatu produk bukan hanya bersumber dari teknologi dan sumber daya alam melainkan inovasi dan kreativitas. UKM (Usaha Kecil dan Menengah) atau ada pula yang menyebutnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah aktivitas usaha yang dilakukan
oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan. Keberhasilan suatu produk di pasar, didukung beberapa hal penting, diantaranya kemasan. Peran penting kemasan pada sebuah produk adalah menambah nilai estetika, daya simpan dan keamanan pangan sehingga menarik bagi konsumen. Survei Kuliah Pengabdian Masyarakat Universitas Widyagama Malang Di Dusun Krajan, Desa Randuagung, Kecamatan Singosari ditemukan beberapa UMKM, salah satunya UMKM Carangmas. UMKM ini menjadi ladang penghasilan bagi pelaku usahanya, namun karena
minimnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga kemasan carangmas tidak menarik dan belum menunjukkan kualitas pengamanan pangan. Oleh karena itu Kelompok 2 KPM UWG memiliki program kegiatan yaitu inovasi kemasan produk carangmas untuk meningkatkan daya saingproduk. Hasil sosialisasi dan inovasi kemasan carangmas berhasil memberikan pemahaman bagi pemilik UMKM carangmas sehingga mengimplementasikan proses produksi yang bermutu sampai dengan pengemasan yang baik dan sehat. Penampilan produk carangmas lebih menarik sehingga mampu meyakinkan konsumen membeli karena percaya terhadap keamanan pangan carangmas yang dipasarkan.

Article Details

How to Cite
Nugroho, Y. A., & Anggraeni, F. D. (2022). Peningkatan Mutu Kemasan Dan Daya Saing Carangmas di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari. Progress Conference, 5(2), 388–395. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/533
Section
Articles

References

Endand Indartuti dan Nekky Rahmiyati. (2021). Manajemen Usaha Peningkatan Produktifitas Dan Kualitas Optimal Produk Rempah Instan di UD Asrifood Kampung Adat Segunung Desa carangwulung Kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang. ABDi Massa; Jurnal Pengabdian Nasioanl, 01(03), 82–92. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-usecase-a7e576e1b6bf

Halimatus Sa’diyah dan Ida Ekawati, I. (2021). 1368-Article Text-3915-1-10-20210604. Cemara Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Madura, 18(Faktor-Faktor usaha Tani Semangka).

Mubarok, A., Hamzah, Y. S., Lestari, U. P., Malik, A., Negara, P., Wachid, A., Aziz, N., Putra, D. P., Tradisional, J., Bambu, U., Desa, D. I., Probolinggo, K., Rachmawati, D. A., Shije, P. R., & Fatwa, K. S. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo , Kecamatan. Jurnal Bina Desa, 1(2017), 234–241.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa/article/view/31806

Mustaniroh, S. A., & Estiasih, T. (2015). Penguatan teknologi, kinerja dan daya saing produk carang mas apel “arum sari“ di kota batu. Jiat, 1(1), 60–66.

Nur, M. (2009). Pengaruh Cara Pengemasan, Jenis Bahan Pengemas, dan Lama Penyimpanan terhadap Sifat Kimia, Mikrobiologi, dan Organoleptik Sate Bandeng (Chanos chanos). Jurnal Teknologi Dan Industri Hasil Pertanian, 14(1), 1–11.

Rosye H.R; Hendra K Maury. (2018). 001-Pengemasan Pangan untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi. 2(1), 32–38.

Sapitri, U., Saikhu, M., & Despita, R. (2021). Peningkatan Nilai Tambah Kulit Singkong Menjadi Carang Mas Di Kelompok Wanita Tani Srikandi Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Progress Conference Volume 5, Number 2, November 2022| 395 Kelapa Kabupaten Banyuasin Increasing the Added Value of Cassava Peel To Carang Mas in the Women’S Farmer’S Group Srikandi Tan. 6(2), 79–82. http://balitkabi.litbang.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. In Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) (Vol. 4, Issue 2, pp. 1–189). https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Semariyani, A. A. M., Sudiarta, I. W., & ... (2019). Pengemasan dan Strategi Pemasaran Produk Pangan di Desa Sulangai. Community Services Journal (CSJ), 2(1), 23–28. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/csj/article/view/1879

Siti Asmaul Mustaniroh; Arie Febrianto Mulyadi. (2017). http://jiat.ub.ac.id. Jurnal of Innovation And Applied Technology, 03(01), 358–361.

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia [The Impact of Covid-19 on MSMEs in Indonesia]. Jurnal Brand, 2(1), 148–153.

Wati, R., Darsono, & Antriyadarti, E. (2021). Analisis Profitabilitas dan Nilai Tambah Usaha Industri Pangan Produk Carang Mas Di Kabupaten Magetan. Jurnal Ilmiah SosioEkonomika Bisnis, 24(02), 1–9.

Widyatami, L. E., Pribadi, G., & Yusuf, C. (2019). … Muda Melalui Penerapan Teknologi Dan Good Manufacturing Practice (Gmp) Serta Manajemen Keuangan Pada Usaha Pempek …. Prosiding Seminar Nasional Hasil …, 136–141. https://core.ac.uk/download/pdf/270227364.pdf

Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.

Yuliati, Y., & Hadiyati, R. (2018). Pelatihan Pengemasan Produk. MONSU’ANI TANO : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 11–14. https://doi.org/10.32529/tano.v1i2.238