Edukasi Mengelola Keuangan Berbasis Skala Prioritas Dalam Membiasakan Hidup Sederhana Yang Berkualitas
Main Article Content
Abstract
Di era digitalisasi saat ini telah memberikan banyak perubahan pada seluruh bidang kegiatan yang dilakukan semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali para pelajar SMP. Mereka memenuhi
Sebagian besar kebutuhannya dengan menggunakan teknologi informasi melalui alat komunikasi
anatara lain handphone. Apabila hal ini dibiarkan tanpa antisipasi maka dampak negatif dari era
digitalisasi ini adalah timbulnya perilaku yang konsumtif yang tentunya berakibat buruk pada
perilaku mereka. Permasalahan yang dihadapi para pelajar SMP saat ini mereka kesulitan
mengatur keuangan dari uang saku yang diberi oleh orang tuanya untuk di manfaatkan dengan
tepat sesuai kebutuhan bukan keinginan, masalah berikutnya adalah mereka belum bisa membuat skala prioritas dalam memenuhi kebutuhannya. semenaatar ini banyak informasi berbagai produk barang dan jasa didapat dengan cepat yang bisa menimbulkan keinginan untuk memilikinya tanpa memikirkan manfaatnya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan pada pelajar SMP Negeri 44 Palembang dengan tujuan memberikan edukasi Mengelola keuangan dengan membuat anggaran pengeluaran berdasarkan prioritas kebutuhan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, sosialisasi penerapan anggaran berbasis skala prioritas dan tanya jawab. Melalui metode tersebut di ketahui semua kendala dan cara mengatasinya dalam mengelola uang saku mereka berbasis skala prioritas, sehingga mereka terbiasa hidup sederhana dan menjadikan kemudahan digitalisasi sebagai era untuk berprestasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah Para pelajar SMP Negeri 44 Palembang Sebagian sudah memiliki tabungan hasil menyisihkan uang sakunya, melalui edukasi ini mereka akan lebih teratur dan cermat dalam mengelolah uang sakunya dengan menerapkan anggaran berbasis skala priorita dalam membiasakan hidup sederhana yang berkualitas
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.