Pelatihan Pemasaran Online Pada Pelaku Umkm Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang

Main Article Content

Mohammad Noor Khairullah
Sukma Irdiana
Kusnanto Darmawan
Kurniawan Yunus Ariyono

Abstract

Jual beli melalui media online memiliki beberapa keunggulan yang memungkinkan UMKM mengembangkan jaringan pemasaran. Program pelatihan pemasaran produk usaha rumahan keripik talas dan keripik pisang melalui media online di Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Program tersebut sangat penting untuk dilakukan karena berdasarkan hasil observasi dilapangan kedua olahan produk rumahan tersebut masih menjual dengan cara konvensional. Metode yang dilakukan dalam program pendampingan ini adalah 1) melakukan identifikasi masalah, 2) membuat program pelatihan, 3) membuat label produk, 4) membuat iklan produk di media online. Hasil pelatihan menunjukkan para peserta sangat antusias dalam mengikuti program tersebut. Dikarenakan mayoritas pengelola usaha tersebut masih minim pengetahuan tentang media online. Media online yang dihasilkan oleh kedua mitra adalah label produk, Instagram, Facebook dan Shopee.

Article Details

How to Cite
Khairullah, M. N., Irdiana, S., Darmawan, K., & Ariyono, K. Y. (2022). Pelatihan Pemasaran Online Pada Pelaku Umkm Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Progress Conference, 5(2), 338–342. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/523
Section
Articles

References

Chusniyah, I., & Fauzan, N. (2016). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 138–149. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–91. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353

Harini, C., & Rohman, A. (2020). Iptek Bagi Masyarakat dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4, 701–706.

Hartono, S., & Ubed, R. S. (2018). Pelatihan Online Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Cibogo, Cisauk, Tangerang. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 270–274.

Indawati, N., Juniarti, R. P., Paramita, S., & Indarwati, T. A. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Pada Pelaku Usaha Keripik Tempe Dan Keripik Buah Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 18. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p18-22

ISTIQOMAH, S., FAJARYANTI, Y., & DEWI, A. S. (2020). Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Ukm Produk Camilan Tradisional. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 5–18. https://doi.org/10.3383/diseminasiabdimas.v2i1.750

Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1996

Mulyantomo, E., Sulistyawati, A. I., & Triyani, D. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. Tematik, 3(2), 199–210. https://156.67.218.228/index.php/tematik/article/view/4218%0Ahttps://156.67.218.228/index.php/tematik/article/download/4218/2318

Putri, A. A., Aisyah, A. I., Pratama, D. A. P., Maritza, E. N., Priambodo, G., Hermawan, G. V., Dianti, R., & Natalia, J. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Online Untuk Pedagang yang Terdampak Covid19 di Surabaya dan Sekitarnya. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 363. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i3.864

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.

Tukino, T., Effendi, S., Annurrullah Fajrin, A., & Harry Mardika, N. (2022). Pembinaan Pembuatan Laporan Keuangan Dan Pemasaran Online Pada UKM Rafflesia Kota Batam. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(2), 13–20. https://doi.org/10.33884/jpb.v4i2.5534

Widiastuti, C. T., Widayat, G. M., Kharisma, D., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Budimas, 04(01), 1–8. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders