Peningkatan Kinerja untuk Tumbuh Lebih Maju pada UMKM Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo

Main Article Content

Tatik Amani
Ngatimun Ngatimun
Hermanto Hermanto
Titik Musriati
Khusnik Hudzafidah
Lukman Hakim
Yekti Rahajeng

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Desa Sumbersuko Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo sebagai usaha peningkatan kinerja untuk tumbuh lebih maju akibat resesi ekonomi. UMKM mempunyai peran signifikan atas pertumbuhan ekonomi sehingga resesi yang dialami UMKM berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Metode pelaksanaan pada kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Saat pengabdian dilaksanakan ditemukan kendala-kendala yang dialami para pelaku UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan kinerja. Kendala itu antara lain: area pemasaran yang terbatas, pemasaran yang masih konvensional dan belum memanfaatkan media sosial, kurang mengikuti perkembangan teknologi, tidak melakukan pencatatan yang sesuai standar akuntansi. Tim pengabdi memberikan materi dan pelatihan untuk meningkatkan kinerja dan tumbuh lebih maju dengan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM. Selama pelatihan para peserta semangat dan antusias tinggi dan akan mengimplementasikan langkah-langkah mengembangkan usaha seperti yang disampaikan oleh tim pengabdi agar peningkatan kinerja untuk tumbuh lebih maju tercapai

Article Details

How to Cite
Amani, T., Ngatimun, N., Hermanto, H., Musriati, T., Hudzafidah, K., Hakim, L., & Rahajeng, Y. (2022). Peningkatan Kinerja untuk Tumbuh Lebih Maju pada UMKM Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Progress Conference, 5(2), 331–337. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/522
Section
Articles

References

Asri Seftianti1, I. A. A. (2021). Pendampingan Produksi UMKM Dalam Meningkatkan Usaha Sale Pisang Di Desa Padamulya Assistance in Production of MSMEs in Increasing Banana Sale Business in Padamulya Village. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 40–45.

Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.

Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. WARTA LPM, 24(3).

Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.

Hendratmoko. (n.d.). Faktor-faktor yang Mempengarui Kinerja UMKM di Indonesia. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship, 2(1).

Hosmiyati, & Ashar, K. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM (Studi Kasus Industri Keris Di Desa Aeng Tongtong Kabupaten Sumenep). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.

Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.

Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.

Komala Ardiyani1, Syafnita2, L. A. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Ditinjau dari Model Pengelolaan Keuangan, Sumber Daya Manusia, Strategi Pemasaran, Dukungan Pemerintah dan Umur Usaha. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2), 103–111.

Liana, A., Sitanggang, M., Joycelyn, B., Febrian, B., Tanaka, C., Santiago, E. S., Devina, F., Christian, H., Kevin, L., Kusuma, B., & Elfriede, D. P. (2022). Peningkatan Kinerja UMKM dalam Kluster Kue Kering di Kabupaten Cianjur. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–31.

Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.

Mudjiarto, M., & Vimesa, A. Y. (2020). Pengaruh Faktor Kemampuan Terhadap Kinerja Umkm Peserta Program Pkt Di Wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v16i2.1124

Muhammad Dahlan. (2017). Peran Pengabdian pada Masyarakat dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–86.

Pinilih, Y. M. I. dan M. (2019). Strategi pengembangan digitalisasi UMKM. Prosiding Semnas LPPM Unsoed, 9(1), 195–204.

Prasetya, Adhitya Yoga; Sugiharti; Fadhila, Z. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 102–108.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.

Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., Taufik, M., Kasno, K., & Samsuranto, S. (2022). Identification of Human Resources in the Application of SME Technology. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(1), 70–76. https://doi.org/10.30741/wiga.v12i1.799

Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.

Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954

Vikaliana, R., Hidayat, Y. R., & Evitha, Y. (2020). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM melalui “ UMKM Naik Kelas ” Pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 159-163.

Vincent, Chesey, Meysyana, Kathleen, Wira Riady, Natasha Abigey, Ghian, Grimaldi Hamid, Vincent, Elisa Margaretha, Andrew Johanes Joan, D. P. E., & Hamid, G. G. (2022). Peningkatan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kluster Makanan Kering Di Kabupaten Cianjur. JPM Wikrama Parahita, 6(1), 11–22.

Wibisono, A., Purwanto, E., & Andrianingsih, V. (2019). Peningkatan Kinerja Usaha Melalui Kemampuan Manajemen Serta Inovasi. Wacana Equiliberium : Jurnal Pemikiran & Penelitian Ekonomi, 7(1).