Iptek Bagi Masyarakat Dan Pengembangan Marketing Online Pada Umkm Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang
Main Article Content
Abstract
Lumajang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Lumajang Kota. Lumajang memiliki banyak pelaku UMKM baik di bidang industri kreatif maupun usaha perdagangan yang berpotensi bagus untuk dikembangkan, namun pemasaran produknya masih menggunakan konsep pemasaran tradisonal, yaitu dengan mengandalkan pemasaran secara langsung. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran melalui marketing online. Mengingat kondisi pelaku UMKM masih banyak yang gagap teknologi (gaptek), maka diperlukan upaya untuk mendorong agar para pelaku UMKM mengenal dan mengimplementasikan pemasaran produknya menggunakan teknologi informasi melalui kegiatan Iptek Bagi Masyarakat Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Lumajang. Diharapkan melalui kegiatan ini para pelaku UMKM mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional sesuai dengan perkembangan jaman di era teknologi saat ini dan pasar global.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.
Chusniyah, I., & Fauzan, N. (2016). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 138–149. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–91. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353
Harini, C., & Rohman, A. (2020). Iptek Bagi Masyarakat dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4, 701–706.
Hartono, S., & Ubed, R. S. (2018). Pelatihan Online Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Cibogo, Cisauk, Tangerang. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 270–274.
Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.
Indawati, N., Juniarti, R. P., Paramita, S., & Indarwati, T. A. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Pada Pelaku Usaha Keripik Tempe Dan Keripik Buah Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 18. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p18-22
ISTIQOMAH, S., FAJARYANTI, Y., & DEWI, A. S. (2020). Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Ukm Produk Camilan Tradisional. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 5–18. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v2i1.750
Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.
Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.
Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.
Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1996
Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.
Mulyantomo, E., Sulistyawati, A. I., & Triyani, D. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. Tematik, 3(2), 199–210. https://156.67.218.228/index.php/tematik/article/view/4218%0Ahttps://156.67.218.228/index.php/tematik/article/download/4218/2318
Putri, A. A., Aisyah, A. I., Pratama, D. A. P., Maritza, E. N., Priambodo, G., Hermawan, G. V., Dianti, R., & Natalia, J. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Online Untuk Pedagang yang Terdampak Covid19 di Surabaya dan Sekitarnya. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 363. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i3.864
Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.
Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.
Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.
Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.
Tukino, T., Effendi, S., Annurrullah Fajrin, A., & Harry Mardika, N. (2022). Pembinaan Pembuatan Laporan Keuangan Dan Pemasaran Online Pada UKM Rafflesia Kota Batam. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(2), 13–20. https://doi.org/10.33884/jpb.v4i2.5534
Widiastuti, C. T., Widayat, G. M., Kharisma, D., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Budimas, 04(01), 1–8. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders