Model Pembelajaran Program Wirausaha Merdeka Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah memberikan informasi dan analisis implementasi dalam program wirausaha merdeka 2022, pada perguruan tinggi institute teknologi dan bisnis widya gama lumajang sebagai PT pelaksana yang bekerjasama dengan universitas ciputra surabaya sebagai PT penyelenggara. Jumlah peserta dalam program ini sejumlah 29 mahasiswa. Metode yang dilaksanakan adalah pembelajaran teori dan praktek terstruktur dalam kurikulum WMK yang terdiri atas 15 minggu dalam 5 tahap. Input penting lainnya adalah isu terkait sustainable development goals (SDGs), yang diwajibkan masuk dalam impelementasi program, sehingga prototype yang dihasilkan juga menjawab isu SDGs. Hasil yang didapatkan adalah 29 mahasiswa peserta mampu mengikuti dan menerapkan pembelajaran sebagai peserta baik secara teori maupun praktik yang dijalankan. Upaya dalam mendukung keberlanjutan desain dan rancangan bisnis mahasiswa adalah akan dilakukan pembimbingan lanjutan oleh UPT kewirausahaan mahasiswa pada PT pelaksana.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.
Dinnanta, H. Z., & Nuraeni, N. (2020). Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular dalam Implementasi Sustainable Development Goals 2030 oleh ASEAN (2015-2019). Padjadjaran Journal of International Relations (PADJIR), 2(2), 187-207. https://doi.org/10.24198/padjir.v2i2.26067
Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.
Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.
Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.
Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.
Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.
Nurwadjah, A. E. Q., Suhartini, A., & Sutarjo, J. (2020). Pemberdayaan Santri Melalui Pendidikan Entrepreneurship. Riayah : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(1), 52-64.
Pamungkas, A. S., Widjaya, H., Wiyanto, H., & Budiono, H. (2021). Pengembangan Dan Pelatihan Menggunakan Model Bisnis Canvas Bagi Siswa/I Smk Santo Leo Mangga Besar Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), 514-520. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9403
Prastiwi, L. Y., & Setyobakti, M. H. (2020). Use Of Local Bananas As Alternative Food Of Sego Gedang In The Economic Value. Progress Conference, 3(1), 312–320.
Setyobakti, M. H. (2017). Identification Of Business Enterprises Bumdes Based On Social And Economic Aspect (Case Study at BUMDes Ijen Lestari Tamansari Village District of Banyuwangi). Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen (JEMA), 14(2), 101-110. https://doi.org/10.31106/jema.v14i02.592.
Setyobakti, M. H. (2018). Identifikasi Masalah Dan Potensi Desa Berbasis Indek Desa Membangun (Idm) Di Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i1.331
Setyobakti, M. H., Paramita, R. W. D, Noviansyah, R., & Istifadah, I. (2021). Village Original Income Increase Strategy Through Local Potential Development in Burno Village, Senduro Lumajang East Java Indonesia. In International Conference on Social Science, Humanities, Education, and Society Development 2020, 1(1). http://dx.doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303714
Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.
Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.
Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.
Universitas Ciputra. (2022). Penerapan Design Thinking pada Program WMK UC. Universitas Ciputra Surabaya.
Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. doi: 10.38142/ijesss.v2i3.111