Pemanfaatan Dunia Digital Dalam Peningkatan Digital Marketing UMKM
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi yang begitu pesat pada saat sekarang mengharuskan masyarakat dapat memahami bagaimana pemanfaatan dari teknologi itu sendiri, salah satu perkembangan dari kemajuan teknologi bergerak di bidang marketing. Pemanfaatan penggunaan digital marketing pada saat sekarang sangat membantu masyarakat dalam melakukan pemasaran usahanya. Namun penggunaan teknologi tersebut masih banyak yang belum bisa memahaminya dengan baik dan benar, dikarenakan pengetahuan yang didapat masih sangat minim. Salah satunya yaitu UMKM yang berada di desa Tegalsari Kecamatan Ambulu Kab. Jember. Untuk itu masyarakat yang berada di desa ini perlu diberikan pelatihan dan pengetahuan tentang pentingnya pemanfaatn digital marketing dan media sosial agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik dan dapat memperluas cakupan target usahanya ke masyarakat luar. Metode yang akan digunakan adalah dengan memberikan pelatihan serta pembekalan materi dalam penggunaan dan pengelolaan media digital untuk peningkatan pemasaran produk yang dijalani.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abiddin, M. Z., Mas’udin, I., & Utama, D. M. (2017). Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT Dan TOPSIS. Jurnal Teknik Industri, 18(1), 55–67. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no1.55-67
Andini, N. (2014). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 11(1), 82726.
Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2016). Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Swot dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan dan Kematian pada Pt. Prudential Cabang Lamongan. I(02), 390–392.
Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.
Danas, F. (2021). Buku pedoman pengertian umkm dan pendaftaran merek. 1–48.
Devi, W. S. G. R. (2021). Budaya Dan Team Kerja. In Https://Www.Researchgate.Net/Publication/351927695 (Issue May). https://www.researchgate.net/publication/351927695
Fatihudin, D. (2020). Metode Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi dari Teori ke Praktek. [email protected]
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.
Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.
Kelly, T. P. M. F. (2020). Manajemen Pemasaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 8(2), 68–78.
Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.
Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.
Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85
Sinambela, Y., Darnianti, & Panjaitan, N. (2018). Analisis Startegi Pemasaran CV KArunia Makmur Persada (KMP) Dengan Metode SWOT. Jurnal Juitech, 2(2), 56–66.
Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.
Sulistiyo, T. D., & Fitriana, R. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. Jurnal Ekbis, 21(2), 189. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.512
Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.
Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Wahjono, I. S. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. 1, 129–130.