Relawan Pajak dalam Upaya Pendampingan Pelaporan Pajak di lingkungan Universitas Serang Raya

Main Article Content

Herman Wijaya
Dian Maulita

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan mendorong implementasi melibatkan pihak ketiga dalam kegiatan penyuluhan perpajakan Direktorat Jendral Perpajakan (DJP) sejak beberapa tahun terakhir mendorong pembentukan relawan pajak. Tujuan dilakukannya relawan pajak ini adalah untuk membantu wajib pajak dalam pelaporan SPT tahunan di lingkungan universitas Serang Raya. Diharapkan dengan hadirnya relawan pajak di lingkungan Universitas Serang Raya, dapat membantu civitas akademika Universitas Serang Raya, khususnya WP Pribadi yang ingin melaporkan SPT tahunan pajaknya melalui e-filing sehingga meningkatkan asistensi perguruan tinggi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sisi perpajakan yang masih jarang dilakukan dan dapat dijadikan sebagai literasi utama untuk pengabdian serupa yang berkaitan dengan kontribusi Universitas bagi masyarakat luas dari sisi perpajakan. Adapun tahap-tahap program pengabdian ini dimulai dari penyuluhan, pengarahan, program pendampingan, dan evaluasi. Dengan adanya kegiatan ini KPP pratama serang barat dapat mengetahui permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh WP sehingga bisa dijadikan masukan untuk meningkatkan pelayanan kepada WP.

Article Details

How to Cite
Wijaya, H., & Maulita, D. (2022). Relawan Pajak dalam Upaya Pendampingan Pelaporan Pajak di lingkungan Universitas Serang Raya. Progress Conference, 5(2), 288–292. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/515
Section
Articles

References

Andrianto, A., Nuraini, F., & Maharani, R. (2017). Pencatatan Akuntansi pada Usaha Peternakan Ayam Petelur (Studi Kasus Usaha Peternakan Ayam Petelur di Kecamatan Sugio Lamongan). Majalah Ekonomi, 22(1), 1-7.

Apriyanti, Werdi, H, & Arifin, M. (2021). Tax Agressiveness Determinant. Journal of Islamic Accounting and Finance Research, 3(1), 27-53.

Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.

Awwaliyah, F., Agriyanto, R, & Farida, D.N. (2019). The Effect of Regional Original Income and Balance Funding on Origional Goverment Financial Performance. Journal of Islamic Accounting anf Finance Research, 1(1).

Dewi, R. S., Marchada, R. R., & Rifai, A. (2016). Analisa PIECES Penerapan Digital MonitoringInformasi Penyewaan Ruko Pasar 8 pada PT Alam Sutera Realty, Tbk. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: SENTIKA.

Dwianika, Agustine, Sofia, & I.P. (2019). Relawan Pajak : Bagaimana Pelatihan Pajak Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Pada Masyarakat Urban? (Studi Pada Tax Center Universitas Pembangunan Jaya). Keberlanjutan, 4(2), 1176.

Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.

Indonesia, A. P. (2017). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII.

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.

Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.

Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.

Kurniati, Rezki, Ratnawati, & Putra, F. (2018). Penerapan Aplikasi Rencana Angsuran Pembayaran Pada Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam Sungai Alam Berbasis Web. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 165-73.

Kurniawati, E. P., Nugroho, P. I., & Arifin, C. (2012). Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). JMK, 10(2), 1-10.

Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.

Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.

Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.

Warno, & U, F. (2020). Pengaruh Tax Avoidance Dan Biaya Agensi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan LQ45. EL Muhasaba Jurnal Akuntansi, 11(2), 188-201.