Peningkatan Market Value Usaha Kecil Menengah (UKM) Gula Merah Melalui Desain Brand Labelling dan Kemasan

Main Article Content

Mas’ud Hermansyah
M. Faiz Firdausi

Abstract

Gula merah merupakan salah satu komponen nutrisi nira aren, termasuk kelapa dan aren. Permintaan gula merah semakin meningkat, bersamaan dengan tumbuhnya kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan mengurangi konsumsi gula pasir dan menggantinya dengan gula merah. Usaha Kecil Menengah (UKM) gula merah di Dusun Kepel Desa Lojejer, Kecanatan Wuluahan, Kabupaten Jember merupakan salah satu usaha yang banyak dikembangkan oleh warga. Saat ini para warga pengusaha gula merah dituntut untuk lebih jeli dalam hal pemasaran untuk mempertahankan eksistensinya. Cara atau metode promosi yang digunakan untuk memasarkan produk, salah satunya adalah dengan brand labelling dan kemasan produk agar produk bisa lebih dikenal dan menarik minat beli konsumen lebih luas lagi. Dari hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan untuk meningkatkan manajemen pemasaran melalui teknik brand labelling dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha gula merah mampu melakukan kegiatan pemasaran produk gula merah dengan lebih baik sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan menggunakan model desain brand labelling dan kemasan dalam produk gula merah.

Article Details

How to Cite
Hermansyah, M., & Firdausi, M. F. (2022). Peningkatan Market Value Usaha Kecil Menengah (UKM) Gula Merah Melalui Desain Brand Labelling dan Kemasan. Progress Conference, 5(2), 268–274. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/512
Section
Articles

References

Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.

Dewi, M. F. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Produk UMKM Lokal di Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 3–5.

Diarta, I., Lestari, P., & Dewi, I. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana, 4(2), 170–187.

Giovani, G., & Purwohandoyo, J. (2019). Pengaruh Industri Gula Aren Terhadap Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Pemilik Industri di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak.

Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.20414/society.v6i1.1462

Jonrinaldi. (2017). Pengolahan Gula Semut Tebu di Nagari Bukik Batabuah Kabupaten Agam Sumatera Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas, December.

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.

Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.

Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.

Mariskhana, K., & Murniyati. (2020). Pelatihan E-Commerce Melalui Media Digital Marketing dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Anggota Mersi Fans Club (MFC). Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika.

Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.

Muchaymien, Y., Rangga, A., & Nuraini, F. (2014). Penyusunan Draft Standard Operating Procedure (Sop) Pembuatan Gula Merah Kelapa (Studi Kasus di Pengrajin Gula Merah Kelapa Desa Purworejo Kec. Negeri Katon Kab. Pesawaran). Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 19(2), 205–217.

Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351

Norseli, R. (2021). Usaha Pembuatan Gula Merah Aren Sebagai Sumber Pendapatan Masyarakat Desa Teratay Kabupaten Tabalong. Jurnal Universitas Lambung Mangkurat.

Otik, N., Rizal, S., & Hartari, W. R. (2015). Survey Mutu dan Keamanan Gula Merah di Pasar Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung Teknologi Pertanian, 1(1), 1–15.

Sari, T. P., Juwariyah, N., & Prasetyo, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Manajemen Pemasaran Melalui Teknik Pengemasan dan Labeling Produk Bagi UKM Tempe di Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik, Semarang.

Soesanto, L. A., Tanudjaja, B. B., & Banindro, B. S. (2014). Perancangan Desain Kemasan Gula Aren Tradisional Produksi Desa Margolelo Rowoseneng. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(4), 1–12.

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.

Sunarta, & Ulza, E. (2019). Pelatihan Branding dan Digital Marketing Produk Olahan Ikan Bagi Nelayandi Kp. Muara Desa Muara Binuangeun Kec. Wanasalam Kabupaten Lebak, Malingping, Banten. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.

Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.

Susetyasari Th. (2012). Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28. https://media.neliti.com/media/publications/132997-ID-kemasan-produk-ditinjau-dari-bahan-kemas.pdf

Wardano, H., Badaruddin, M., & Ginting, S. (2018). Peningkatan Produksi Gula Merah UKM Desa Purworejo Kecamatan Negerikaton, Kabupaten Pesawanan Melalui Desain dan Rancang Bangun Tungku Biomassa Hemat Bahan Bakar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Lampung, 10(1), 279–288.

Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243.