Peningkatan Pemasaran Dengan Labeling Dan Pencatatan Akuntansi Untuk Produk Bagi Ukm Daffa

Main Article Content

Een Yualika Ekmarinda

Abstract

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari mitra dengan melakukan inovasi labeling khususnya. Kegiatan ini juga dilakukan untuk mitra UMKM sehingga mitra mampu memilah milah dalam pencatatan keuangan sehingga mitra dapat melakukan pembagian modal dan kas yang digunakan dalam melakukan usahanya. Khususnya UKM Daffa mampu bersaing dengan UKM sejenis sehingga dapat memberikan inovasi dan nilai tambah sebagai salah satau diferensiasi produk yang dimiliki oleh mitra. Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah salah satu penggerak perekonomian yang tangguh. Usaha Kecil Menengah (UKM) kebanyakan tumbuh dari industri keluarga, sehingga konsumennya pun berasal dari kalangan menengah ke bawah. Sektor ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam perekonomian nasional maupun daerah. Hal tersebut terjadi disebabkan keberhasilan dalam membangun ekonomi akan membawa dampak pembangunan di bidang-bidang lainnya, sehingga keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi akan berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya. Pemakaian merek yang tepat pada produk dapat memberikan nilai tersendiri dan akan menjadikan identitas pada produk, yang nantinya akan mempunyai citra, baik itu citra yang positif ataupun citra yang negatif.

Article Details

How to Cite
Ekmarinda, E. Y. (2022). Peningkatan Pemasaran Dengan Labeling Dan Pencatatan Akuntansi Untuk Produk Bagi Ukm Daffa. Progress Conference, 5(2), 245–253. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/504
Section
Articles

References

Alfredo, Michael. (2014). “Penerapan Inventory Management dalam Rangka Meningkatkan Cost Efficiency pada Distributor Batik Kencana Ungu Surabaya”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(2).

Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.

Gitosudarmo, Indriyo dan Hasan. (2002). Manajemen Keuangan Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Amalia, F., & Mayndarto, E. C. (2022). The Role of Women’s Farmer Groups as An Alternative Solution to Food Insecurity during The Covid-19 Pandemic. Hasanuddin Economics and Business Review, 6(2), 72–78.

Darlin, E., Hanarti, I., & Nurdin, N. (2022). The Role of PT JPLM in the Coffee Relations Scheme in an effort to Increase Coffee Exports in South Bandung.

Firdaus, A., Hidayatullah, S., Saksana, J. C., Susanti, D., & Miftahorrozi, M. (2022). Leading Sectors among the Provinces of Java Island. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 3(2), 150–160. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.75

Juhari, A., & Zubair, Z. (2022). Peranan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura Supports Head Office Kemayoran Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 610–615.

Kusnadi, I. H., Saefullah, A., Rahayu, D. A., Khristianto, W., Tannady, H., & Susanto, P. C. (2022). Magdalena., Suyoto, YT. Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5025–5027.

Nurhasanah, S., & Hajar, E. S. (2022). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Melalui Metode Team Assisted Individualization. Jurnal Basicedu, 6(6), 10441–10450.

Saefullah, A., & Hajar, E. S. (2022). LPS’s Strategy to Increase Public Literacy of the Deposit Insurance Program.

Haryani H, I., & Djamil, A. (2019). Penyuluhan Teknik Pembukuan Sederhana Dan Aspek Permodalan PKBL Bagi UKM Cluster Tepung Tapioka, Kabupaten Bogor. SULUH: Jurnal Abdimas, 1(1), 28–32. doi:10.35814/suluh.v1i1.969

Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.

http://mahendradicky.blogspot.co.id/2012/01/peraktek-pembiayaan-perbankan syariah.html

http://pbsstainmetro.blogspot.co.id

http://www.ojk.go.id Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2008, mengenai usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.

Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.

Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.

Larasati, Nur Fitriastin. (2013). Revitalisasi Kawasan Pemukiman Produktif Kampung Batik, Bubakan Semarang. Fakultas Arsitektur, Universitas Diponegoro. Semarang

Maulani, Terra Saptina. (2016,) Pelatihan Pembukuan keuangan sederhana dan motivasi kewirausahaan.

Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.

Mutiah, R. A. (2019). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis SAK EMKM. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 223-229.

Rachman, M. M., Sawitri, A. P., Dwiartha, I. M. B., & Waryanto, R. B. D. (2021). Meningkatkan Pangsa Pasar UMKM Di Desa Banjarkemantren, Kabupaten Sidoarjo Melalui Digital Marketing. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 67-77

Santoso, A., Yuni Widowati, S., & Kurniawati, E. (2019). Penyuluhan Pembukuan Keuangan Dalam Menunjang Kesuksesan Usaha UKM. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 125. doi:10.25077/logista.3.2.125-129.2019

Subur, Rahmad Santoso dan Hasyim Muhammad. (2014). Pelatihan Manajemen Keuangan pada pelaku Usaha Toko Kelontong Dusun Puluhan Desa Banyusidi pakis Magelang Jawa Tengah. Jurnal inovasi dan Kewirausahaan, 3(2), 139

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.

Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.

Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.

Undang-Undang no. 10 tahun 1998 tentang perbankan

Undang-Undang Republik Indonesia no. 21 tahun 2008

www.infotentangbank.co