Menggugah Cakrawala Berfikir Menjadi Entrepreneur Muda
Main Article Content
Abstract
Kegiatan wirausaha merupakan bentuk pembelajaran yang mendorong pengembangan minat wirausaha generasi muda dengan program kegiatan belajar yang sesuai. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa agar terbangun mindset kewirausahaan yang nantinya mereka dapat menjadi entrepreneur muda yang sukses. Peserta kegiatan diseminasi ini adalah siswa yang tergabung pada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Metode pelaksanaan menggunakan konsep diseminasi yang dilaksanakan selama satu hari dengan dua sesi. Pada sesi pertama tim pengabdian kepada masyarakat memberikan materi kewirausahaan, pada sesi kedua memberikan kesempatan untuk berdiskusi pendalaman pemahaman menyusun business plan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini tentunya memberikan pengetahuan dan motivasi berwirausaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga siswa Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amalia, F., & Mayndarto, E. C. (2022). The Role of Women’s Farmer Groups as An Alternative Solution to Food Insecurity during The Covid-19 Pandemic. Hasanuddin Economics and Business Review, 6(2), 72–78.
Darlin, E., Hanarti, I., & Nurdin, N. (2022). The Role of PT JPLM in the Coffee Relations Scheme in an effort to Increase Coffee Exports in South Bandung.
Firdaus, A., Hidayatullah, S., Saksana, J. C., Susanti, D., & Miftahorrozi, M. (2022). Leading Sectors among the Provinces of Java Island. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 3(2), 150–160. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.75
Juhari, A., & Zubair, Z. (2022). Peranan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura Supports Head Office Kemayoran Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 610–615.
Kusnadi, I. H., Saefullah, A., Rahayu, D. A., Khristianto, W., Tannady, H., & Susanto, P. C. (2022). Magdalena., Suyoto, YT. Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5025–5027.
Nurhasanah, S., & Hajar, E. S. (2022). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Melalui Metode Team Assisted Individualization. Jurnal Basicedu, 6(6), 10441–10450.
Saefullah, A., & Hajar, E. S. (2022). LPS’s Strategy to Increase Public Literacy of the Deposit Insurance Program.
Amrulloh, R. (2022). SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PDAM INTAN BANJAR. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 128–142.
Anastasia, M., & Anizar, S. (2022). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Corporate Social Responsibility Pada PT. Tarungin Bina Mitra. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2526–2533.
Anastasia, M., Rahmayanti, N. P., Anizar, S., & Andriani, N. W. (2022). Sistem Pengendalian Intern Pembelian Dan Penjualan Barang Pada CV. Intiga Harapan Banjarbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(2), 205–216.
Fauziannor, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berorganisasi di kampus STIE Pancasetia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3520–3533.
Helmina, M. R. A., Sutomo, I., & Respati, N. W. (2022). Empirical Examination of Green Industry Strategy through ISO-14001 on Firm Value: Mediating Roles of Profitability and Leverage. Planning, 17(5), 1417–1424.
Huda, I. U. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 109–127.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022a). PERKEMBANGAN ASPEK SIKAP SOSIAL DAN ADAT ISTIADAT MASYARAKAT ADAT DAYAK MERATUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 605–628.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022b). STRATEGI PEMASARAN UMKM MEREK THEMIL DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 88–108.
Huda, I. U., & Sapar, J. F. (2022). ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KOPERASI CREDIT UNION SUMBER SEJAHTERA KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 581–604.
Indiraswari, S. D., & Rahmayanti, N. P. (2022). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Transportasi Di BEI Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 21–35.
Kadir, A. (2022). PENGARUHKOMPENSASIFINANSIALDANSEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADAKOPERASI SIMPAN PINJAM “MUHAMMADIYAHDI MARTAPURA” KABUPATEN BANJAR. RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management), 5(2), 125–137.
Kurniawan, A., Yusuf, M., Manueke, B., Norvadewi, N., & Nurriqli, A. (2022). In Tokopedia Applications, The Effect Of Electronic Word Of Mouth And Digital Payment On Buying Intention.
Kusuma, E. R. H. (2022). ANALISIS PERLAKUAN ASET TETAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (Studi Empiris pada RSUD Ratu Zalecha Martapura). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 158–164.
Lestari, M. M., & Lestari, T. (2022). Analisis Pengaruh Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Pulau Kalimantan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 3553–3565.
Lumanauw, M. K. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bumi Kencana Jaya. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 49–57.
Mahrita, M., & Cahyono, R. (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SDN BINUANG 4 KABUPATEN TAPIN. Media Mahardhika, 20(3), 501–511.
Maulida, M. N., Yousida, I., & Lestari, T. (2022). ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA BKKBN PORVINSI KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 133–140.
Nanda, M., & Lestari, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3954–3964.
Norhidayati, N., & Amrulloh, R. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER NAGITA SLAVINA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Media Mahardhika, 21(1), 1–11.
Putri, C. H., Lestari, T., & Ritawaty, N. (2022). Pengaruh Return on Assets, Equity dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 2230–2240.
Rafid, M., Soukotta, A., Cakranegara, P. A., Sutiyan, O. S. J., & Nurriqli, A. (2021). ANALYSIS OF LIQUIDITY RATIOS, PROFITABILITY RATIOS, AND CAPITAL STRUCTURES ON FINANCIAL DISTRESS CONDITIONS IN SERVICE COMPANIES DURING THE COVID-19 PERIOD. Jurnal Darma Agung, 30(2), 614–622.
Rahman, Y., Normila, N., & Fakhri, F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2019. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 34–48.
Rahmayanti, N. P., & Indiraswari, S. D. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 36–46.
Rahmayanti, N. P., Karsudjono, A. J., & Abdurrakhman, M. Z. (2022). PENGARUH GENDER, PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 143–153.
Rahmayanti, N. P., Sutrisno, S., Ernawati, E., & Anthonius, J. K. (2022). MENJALANKAN BISNIS DENGAN STRATEGI GILA MARKETING SOCIETY 5.0. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–75.
Rediyono, R., Rahmiaty, A., & Cahyono, D. (2022). Pengaruh Belanja Langsung Dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Realisasi Anggaran Dan Kinerja Instansi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 630–652.
Rianto, H., Olivia, H., & Fahmi, A. (2020). Penguatan Tata Kelola Dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Tiga Ras Danau Toba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 291–299. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.2050
Sapar, J. F. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 101–107.
Sarmina, S. (2022). PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS, PIUTANG DAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KOPERASI SERBA USAHA SURYA SEKAWAN DI MARTAPURA. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 96–102.
Siregar, G., Andriany, D., & Bismala, L. (2019). Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi Dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. … Nasional Kewirausahaan, 1(1), 45–51. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3578
Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.28
Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101.
Utama, D. M. (2019). Penguatan Aspek Manajemen Produksi dan Kualitas Tempe Pada UKM Tempe. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 133. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3641
Yulia, S., & Mumuh, N. (2019). 208-37-575-1-10-20190709 (1). 3(1), 1–12.