Pendampingan Peningkatan Kemampuan SDM dalam Penyusunan Analisis SWOT
Main Article Content
Abstract
Perkembangan UMKM di Indonesia sangatlah pesat. UMKM di Indonesia mempunyai kontribusi yang penting sebagai penopang perekonomian. Kedai Kopi Rakyat bondowoso yang berada di Desa Bataan Kec. Tenggarang Kab. Bondowoso merupakan salah satu UMKM yang tergolong baru dan membutuhkan strategi-strategi bisnis agar mampu bertahan dan bersaing dalam dunia bisnis, tarutama bisnis Kedai Kopi. pengabdian ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan baru bagi pemilik untuk mengelola dan mengembangkan usaha menjadi lebih baik dan maju, serta pengabdian ini nantinya mampu memberikan perbaikan manajemen strategi menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui faktor internal perusahaan berupa kekuatan, kelemahan, dan faktor eksternal perusahaan berupa peluang dan ancaman. Informasi yang dijadikan sumber data terdiri dari pemilik Kedai Kopi Rakyat Bondowoso serta beberapa masyarakat yang menjadi konsumen pada kedai tersebut. Strategi yang tepat dilakukan dalam pengembangan strategi perusahaan untuk mengukur dan mengetahui strategi yang diperlukan dalam optimalisasi daya saing perusahaan, sehingga dapat mengembangkan bisnis kedai Kopi menajdi semakin maju dan diminati oleh banyak orang. Dengan menggunakan strategi SO (Growth) dan Strategi WO (Stability) yang merupakan strategi memanfaatkan kekuatan yang ada untuk meningkatkan keunggulan dari pelayanan yang akan diberikan kepada para konsumen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anoraga Panji dan Djokosudantoko. (2002). Koperasi, Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Reneka Cipta.
Boone E. Louis. (2013). Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.
Ferrel, O.C and D, Harline. (2005). Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.
Amalia, F., & Mayndarto, E. C. (2022). The Role of Women’s Farmer Groups as An Alternative Solution to Food Insecurity during The Covid-19 Pandemic. Hasanuddin Economics and Business Review, 6(2), 72–78.
Darlin, E., Hanarti, I., & Nurdin, N. (2022). The Role of PT JPLM in the Coffee Relations Scheme in an effort to Increase Coffee Exports in South Bandung.
Firdaus, A., Hidayatullah, S., Saksana, J. C., Susanti, D., & Miftahorrozi, M. (2022). Leading Sectors among the Provinces of Java Island. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 3(2), 150–160. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.75
Juhari, A., & Zubair, Z. (2022). Peranan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura Supports Head Office Kemayoran Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 610–615.
Kusnadi, I. H., Saefullah, A., Rahayu, D. A., Khristianto, W., Tannady, H., & Susanto, P. C. (2022). Magdalena., Suyoto, YT. Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5025–5027.
Nurhasanah, S., & Hajar, E. S. (2022). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Melalui Metode Team Assisted Individualization. Jurnal Basicedu, 6(6), 10441–10450.
Saefullah, A., & Hajar, E. S. (2022). LPS’s Strategy to Increase Public Literacy of the Deposit Insurance Program.
Freddy Rangkuti, (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia.
Hadi, Dwi Prasetyo. (2015). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Kecil dan Menengah Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Rangka Millenium Development Goals 2015 (Studi Kasus di PNPM-MP Kabupaten Kendal). Jurnal Ilmiah CIVIS, 5(1).
Kotler Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Nitisusastro, Mulyadi. (2010). Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
Subanar, Harimurti. (2009). Manajemen Usaha Kecil. BPFE.
Undang-Undang Republik Indonesia no 20 tahun 2008 mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah.