Desain Kemasan Produk sebagai Media Perluasan Pemasaran

Main Article Content

Deni Juliasari
Fetri Setyo Liyundira

Abstract

Sebagai upaya meningkatkan daya saing industri makanan, maka kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pendampingan desain kemasan produk sebagai media perluasan pemasaran. Proses pengumpulan data primer dalam perancangan ini adalah dengan metode wawancara dan observasi. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaan dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT. Melalui perancangan ini, diharapkan desain kemasan usaha makanan ibu Hartik dapat menjawab segala permasalahan yang ada. Kemasan didesain sesuai dengan kriteria kemasan yang baik melalui inovasi pada beberapa unsurnya dan pada akhirnya mampu menarik minat target untuk membeli seluruh makanan sehingga penjualan dapat seimbang dan bersaing dengan kompetitor.

Article Details

How to Cite
Juliasari, D., & Liyundira, F. S. (2022). Desain Kemasan Produk sebagai Media Perluasan Pemasaran. Progress Conference, 5(2), 206–211. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/497
Section
Articles

References

Abdillah, R. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk “Donat Hd” Ungaran [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/34868/1/2411314017_Optimized.pdf

Amelia, S. (2018). Perancangan Desain Produk Kemasan Sebagai Media Promosi UPT Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif Disperindag Provinsi Jawa Timur. STIKOM Surabaya.

Amalia, F., & Mayndarto, E. C. (2022). The Role of Women’s Farmer Groups as An Alternative Solution to Food Insecurity during The Covid-19 Pandemic. Hasanuddin Economics and Business Review, 6(2), 72–78.

Darlin, E., Hanarti, I., & Nurdin, N. (2022). The Role of PT JPLM in the Coffee Relations Scheme in an effort to Increase Coffee Exports in South Bandung.

Firdaus, A., Hidayatullah, S., Saksana, J. C., Susanti, D., & Miftahorrozi, M. (2022). Leading Sectors among the Provinces of Java Island. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 3(2), 150–160. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.75

Juhari, A., & Zubair, Z. (2022). Peranan Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura Supports Head Office Kemayoran Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 610–615.

Kusnadi, I. H., Saefullah, A., Rahayu, D. A., Khristianto, W., Tannady, H., & Susanto, P. C. (2022). Magdalena., Suyoto, YT. Peran Motivasi Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di Belitung Timur. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5025–5027.

Nurhasanah, S., & Hajar, E. S. (2022). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Melalui Metode Team Assisted Individualization. Jurnal Basicedu, 6(6), 10441–10450.

Saefullah, A., & Hajar, E. S. (2022). LPS’s Strategy to Increase Public Literacy of the Deposit Insurance Program.

Farahdina, J., & Sudjanarti, D. (2018). Analisis Aida Pada Desain Kemasan Produk Menggunakan Aplikasi Coreldraw X7 Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Ukm Sembilan Daun Kabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 1. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/180

Haholongan, W., & Jayadi, I. (2019). Perancangan desain kemasan sebagai media untuk menarik minat beli konsumen bir pletok (setu babakan). Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 27–44.

Hartanto, S., Yuwono, E. C., & Soewito, B. M. (2015). Perancangan Desain Kemasan Produk Homemade Pie” 391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, September. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/3303/2989

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Mudra, I. W. (2010). Desain Kemasan Produk. In ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/1077/1/Desain_Kemasan_Produk.pdf

Swasty, W., Rahman, Y., & Fadilla, A. N. (2019). Pelatihan Kemasan Produk Kuliner Yang Persuasif Bagi Koperasi Dan Ukm Kabupaten Bandung. Charity, 2(1). https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2067

Yuniari, N. K., Wahyuni, M. A., & Dewi, P. E. D. M. (2017). Analisis Ketetapan Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Sebagai Dasar Dalam Menentukan Harga Jual Ukiran Sanggah (Pelinggih) Pada Usaha Sari uma Dukuh Sidemen. E-Journal S1 Ak, 8(2), 1–10.

Amrulloh, R. (2022). SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PDAM INTAN BANJAR. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 128–142.

Anastasia, M., & Anizar, S. (2022). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Corporate Social Responsibility Pada PT. Tarungin Bina Mitra. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2526–2533.

Anastasia, M., Rahmayanti, N. P., Anizar, S., & Andriani, N. W. (2022). Sistem Pengendalian Intern Pembelian Dan Penjualan Barang Pada CV. Intiga Harapan Banjarbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(2), 205–216.

Fauziannor, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berorganisasi di kampus STIE Pancasetia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3520–3533.

Helmina, M. R. A., Sutomo, I., & Respati, N. W. (2022). Empirical Examination of Green Industry Strategy through ISO-14001 on Firm Value: Mediating Roles of Profitability and Leverage. Planning, 17(5), 1417–1424.

Huda, I. U. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 109–127.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022a). PERKEMBANGAN ASPEK SIKAP SOSIAL DAN ADAT ISTIADAT MASYARAKAT ADAT DAYAK MERATUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 605–628.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022b). STRATEGI PEMASARAN UMKM MEREK THEMIL DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 88–108.

Huda, I. U., & Sapar, J. F. (2022). ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KOPERASI CREDIT UNION SUMBER SEJAHTERA KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 581–604.

Indiraswari, S. D., & Rahmayanti, N. P. (2022). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Transportasi Di BEI Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 21–35.

Kadir, A. (2022). PENGARUHKOMPENSASIFINANSIALDANSEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADAKOPERASI SIMPAN PINJAM “MUHAMMADIYAHDI MARTAPURA” KABUPATEN BANJAR. RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management), 5(2), 125–137.

Kurniawan, A., Yusuf, M., Manueke, B., Norvadewi, N., & Nurriqli, A. (2022). In Tokopedia Applications, The Effect Of Electronic Word Of Mouth And Digital Payment On Buying Intention.

Kusuma, E. R. H. (2022). ANALISIS PERLAKUAN ASET TETAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (Studi Empiris pada RSUD Ratu Zalecha Martapura). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 158–164.

Lestari, M. M., & Lestari, T. (2022). Analisis Pengaruh Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Pulau Kalimantan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 3553–3565.

Lumanauw, M. K. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bumi Kencana Jaya. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 49–57.

Mahrita, M., & Cahyono, R. (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SDN BINUANG 4 KABUPATEN TAPIN. Media Mahardhika, 20(3), 501–511.

Maulida, M. N., Yousida, I., & Lestari, T. (2022). ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA BKKBN PORVINSI KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 133–140.

Nanda, M., & Lestari, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3954–3964.

Norhidayati, N., & Amrulloh, R. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER NAGITA SLAVINA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Media Mahardhika, 21(1), 1–11.

Putri, C. H., Lestari, T., & Ritawaty, N. (2022). Pengaruh Return on Assets, Equity dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 2230–2240.

Rafid, M., Soukotta, A., Cakranegara, P. A., Sutiyan, O. S. J., & Nurriqli, A. (2021). ANALYSIS OF LIQUIDITY RATIOS, PROFITABILITY RATIOS, AND CAPITAL STRUCTURES ON FINANCIAL DISTRESS CONDITIONS IN SERVICE COMPANIES DURING THE COVID-19 PERIOD. Jurnal Darma Agung, 30(2), 614–622.

Rahman, Y., Normila, N., & Fakhri, F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2019. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 34–48.

Rahmayanti, N. P., & Indiraswari, S. D. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 36–46.

Rahmayanti, N. P., Karsudjono, A. J., & Abdurrakhman, M. Z. (2022). PENGARUH GENDER, PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 143–153.

Rahmayanti, N. P., Sutrisno, S., Ernawati, E., & Anthonius, J. K. (2022). MENJALANKAN BISNIS DENGAN STRATEGI GILA MARKETING SOCIETY 5.0. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–75.

Rediyono, R., Rahmiaty, A., & Cahyono, D. (2022). Pengaruh Belanja Langsung Dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Realisasi Anggaran Dan Kinerja Instansi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 630–652.

Sapar, J. F. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 101–107.

Sarmina, S. (2022). PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS, PIUTANG DAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KOPERASI SERBA USAHA SURYA SEKAWAN DI MARTAPURA. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 96–102.

Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101.