Strategi Alokasi Biaya Promosi untuk Menunjang Kegiatan UMKM Kerajinan Tangan di Desa Karangsari Kecamatan Sukodono
Main Article Content
Abstract
Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang atau jasa, hingga dapat menarik minat masyarakat (pembeli). Promosi dalam dunia bisnis saat ini sangat penting, teutama untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk atau bisnis. Terkadang biaya yang dikeluarkan untuk membuat iklan atau membuat campaign cukuplah besar, sehingga diperlukan perencanaan yang matang agar hasil yang didapatkan sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan. Salah satu hal yang penting dari perencanaan itu adalah dengan merumuskan anggaran dengan benar. Anggaran iklan atau promosi adalah ukuran pengeluaran yang direncanakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Anggaran promosi adalah tempat bertemunya tujuan pemasaran strategis perusahaan dan analisis biaya-manfaat dalam rencana operasionalnya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa dai ITB Widya Gama Lumajang diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM seperti Siti di Desa Karangsari Kabupaten Lumajang untuk mengoptimalkan efektitifitas kegiatan promosi beserta strategi alokasi biayanya. Strategi promosi yang efektif yang dapat dilakukan Siti saat ini adalah pemasaran melalui media sosial dan marketplace.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336
Khairani, A., Andini, Y. B., Fedia, V., Putri, N. O., & Putra, R. B. (2022). Penerapan Digital Marketing Dan Influencer Endorsement Saat Pandemi Covid-19 Pada Agen Frozen Food (Studi Kasus Umkm Wins Food Kebab Padang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 378-384.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Rheny, S. (2021). 10 Strategi promosi jualan yang efektif dalam bisnis saat ini. EKRUT media. https://www.ekrut.com/media/strategi-promosi
Shaid, N. J. (2022). Apa Itu Promosi: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsinya. KOMPAS.com. https://money.kompas.com/read/2022/02/19/181905526/apa-itu-promosi-pengertiantujuan-jenis-dan-fungsinya?page=all.
Soraya, P. P. (2020). Teknik Digital Marketing. DOTNEXT. https://dotnextdigital.com/teknikdigital-marketing
Amrulloh, R. (2022). SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PDAM INTAN BANJAR. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 128–142.
Anastasia, M., & Anizar, S. (2022). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Corporate Social Responsibility Pada PT. Tarungin Bina Mitra. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2526–2533.
Anastasia, M., Rahmayanti, N. P., Anizar, S., & Andriani, N. W. (2022). Sistem Pengendalian Intern Pembelian Dan Penjualan Barang Pada CV. Intiga Harapan Banjarbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(2), 205–216.
Fauziannor, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berorganisasi di kampus STIE Pancasetia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3520–3533.
Helmina, M. R. A., Sutomo, I., & Respati, N. W. (2022). Empirical Examination of Green Industry Strategy through ISO-14001 on Firm Value: Mediating Roles of Profitability and Leverage. Planning, 17(5), 1417–1424.
Huda, I. U. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 109–127.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022a). PERKEMBANGAN ASPEK SIKAP SOSIAL DAN ADAT ISTIADAT MASYARAKAT ADAT DAYAK MERATUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 605–628.
Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022b). STRATEGI PEMASARAN UMKM MEREK THEMIL DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 88–108.
Huda, I. U., & Sapar, J. F. (2022). ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KOPERASI CREDIT UNION SUMBER SEJAHTERA KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 581–604.
Indiraswari, S. D., & Rahmayanti, N. P. (2022). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Transportasi Di BEI Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 21–35.
Kadir, A. (2022). PENGARUHKOMPENSASIFINANSIALDANSEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADAKOPERASI SIMPAN PINJAM “MUHAMMADIYAHDI MARTAPURA” KABUPATEN BANJAR. RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management), 5(2), 125–137.
Kurniawan, A., Yusuf, M., Manueke, B., Norvadewi, N., & Nurriqli, A. (2022). In Tokopedia Applications, The Effect Of Electronic Word Of Mouth And Digital Payment On Buying Intention.
Kusuma, E. R. H. (2022). ANALISIS PERLAKUAN ASET TETAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (Studi Empiris pada RSUD Ratu Zalecha Martapura). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 158–164.
Lestari, M. M., & Lestari, T. (2022). Analisis Pengaruh Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Pulau Kalimantan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 3553–3565.
Lumanauw, M. K. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bumi Kencana Jaya. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 49–57.
Mahrita, M., & Cahyono, R. (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SDN BINUANG 4 KABUPATEN TAPIN. Media Mahardhika, 20(3), 501–511.
Maulida, M. N., Yousida, I., & Lestari, T. (2022). ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA BKKBN PORVINSI KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 133–140.
Nanda, M., & Lestari, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3954–3964.
Norhidayati, N., & Amrulloh, R. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER NAGITA SLAVINA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Media Mahardhika, 21(1), 1–11.
Putri, C. H., Lestari, T., & Ritawaty, N. (2022). Pengaruh Return on Assets, Equity dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 2230–2240.
Rafid, M., Soukotta, A., Cakranegara, P. A., Sutiyan, O. S. J., & Nurriqli, A. (2021). ANALYSIS OF LIQUIDITY RATIOS, PROFITABILITY RATIOS, AND CAPITAL STRUCTURES ON FINANCIAL DISTRESS CONDITIONS IN SERVICE COMPANIES DURING THE COVID-19 PERIOD. Jurnal Darma Agung, 30(2), 614–622.
Rahman, Y., Normila, N., & Fakhri, F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2019. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 34–48.
Rahmayanti, N. P., & Indiraswari, S. D. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 36–46.
Rahmayanti, N. P., Karsudjono, A. J., & Abdurrakhman, M. Z. (2022). PENGARUH GENDER, PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 143–153.
Rahmayanti, N. P., Sutrisno, S., Ernawati, E., & Anthonius, J. K. (2022). MENJALANKAN BISNIS DENGAN STRATEGI GILA MARKETING SOCIETY 5.0. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–75.
Rediyono, R., Rahmiaty, A., & Cahyono, D. (2022). Pengaruh Belanja Langsung Dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Realisasi Anggaran Dan Kinerja Instansi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 630–652.
Sapar, J. F. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 101–107.
Sarmina, S. (2022). PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS, PIUTANG DAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KOPERASI SERBA USAHA SURYA SEKAWAN DI MARTAPURA. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 96–102.
Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101.