Pelatihan Pemasaran Online Bagi Para Pelaku UMKM di Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang

Main Article Content

Sukma Irdiana
Kurniawan Yunus Ariyono
Kusnanto Darmawan
Mohammad Noor Khairullah

Abstract

Pandemi Covid-19 masuk ke Lumajang mulai awal tahun 2020. Pandemi Covid 19 ini telah merubah pola konsumsi masyarakat baik barang maupun jasa, yang awalnya secara tradisional (offline) menjadi online. Banyak pelaku UMKM merasa kesulitan menjual produk dan pencapaian target penjualan tidak seperti biasanya. Namun hal ini tidak menyurutkan pelaku UMKM untuk tetap bertahan di masa Pandemi Covid 19. Demikian pula yang terjadi pada para pelaku UMKM yang ada di Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Sebagian besar dari mereka belum memahami cara memasarkan produknya secara online. Sehingga tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman dan pelatihan tentang pemasaran online bagi pelaku UMKM di Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan memberian penyuluhan dan pelatihan pembuatan akun media sosial e-commerce. Dengan demikian diharapkan dapat membantu
meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan di bidang pemasaran onlie. Lebih jauh lagi, diharapkan usaha para pelaku UMKM dapat terus berkembang di masa pandemic covid-19.

Article Details

How to Cite
Irdiana, S., Yunus Ariyono, K., Darmawan, K., & Khairullah, M. N. (2022). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Para Pelaku UMKM di Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Progress Conference, 5(2), 162–165. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/458
Section
Articles

References

Chusniyah, I., & Fauzan, N. (2016). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 138–149. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–91. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353

Harini, C., & Rohman, A. (2020). Iptek Bagi Masyarakat dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4, 701–706.

Hartono, S., & Ubed, R. S. (2018). Pelatihan Online Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Cibogo, Cisauk, Tangerang. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 270–274.

Indawati, N., Juniarti, R. P., Paramita, S., & Indarwati, T. A. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Pada Pelaku Usaha Keripik Tempe Dan Keripik Buah Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 18. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p18-22

Istiqomah, S., Fajaryanti, Y., & Dewi, A. S. (2020). Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Ukm Produk Camilan Tradisional. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 5–18.

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v2i1.750

Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1996

Mulyantomo, E., Sulistyawati, A. I., & Triyani, D. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. Tematik, 3(2), 199–210. https://156.67.218.228/index.php/tematik/article/view/4218%0Ahttps://156.67.218.228/in dex.php/tematik/article/download/4218/2318

Putri, A. A., Aisyah, A. I., Pratama, D. A. P., Maritza, E. N., Priambodo, G., Hermawan, G. V., Dianti, R., & Natalia, J. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Online Untuk Pedagang yang Terdampak Covid19 di Surabaya dan Sekitarnya. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 363. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i3.864

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), (1), 6–13.

Tukino, T., Effendi, S., Annurrullah Fajrin, A., & Harry Mardika, N. (2022). Pembinaan Pembuatan Laporan Keuangan Dan Pemasaran Online Pada UKM Rafflesia Kota Batam. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(2), 13–20. https://doi.org/10.33884/jpb.v4i2.5534

Widiastuti, C. T., Widayat, G. M., Kharisma, D., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Budimas, 04(01), 1–8. https://www.who.int/newsroom/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorder