Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pelatihan Kewirausahaan untuk Pelaku Usaha Batu Bata

Main Article Content

Jesi Irwanto
Ainun Jariah
Ninik Lukiana

Abstract

Kegiatan ini dilakukan atas dasar bahwa usaha batu bata memiliki peran penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. usaha pembuatan batu bata sendiri sedikit banyak mempengaruhi masyarakat sekitar dengan mempekerjakan dan menjadi bagian dari usahatersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil kegiatan ini menginformasikan jika program yang dilaksanakan meliputi pelatihan kewirausahaan yang mendukung postur usaha yang lebih ideal. Karena itu, diperlukan kerjasama yang baik antara pelaku usaha dengan masyarakat sekitar dalam pelaksanaan kegiatan dari tahap persiapan hingga pelaksanaan kegiatan. Efek dari kegiatan pemberdayaan yang telah dilakukan telah mampu meningkatkan keterampilan dan potensi masyarakat yang telah mendapatkan pelatihan. Masukan yang dapat diberikan dalam kegiatan ini adalah para pelaku usaha dalam menjalankan perannya di masyarakat sebagai salah satu pilar yang menjaga ketahanan ekonomi masyarakat kecil.dan berani berinovasi, menetapkan target dan melaksanakan target secara konsisten serta meningkatkan interaksi dengan masyarakat.

Article Details

How to Cite
Irwanto, J., Jariah, A., & Lukiana, N. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pelatihan Kewirausahaan untuk Pelaku Usaha Batu Bata. Progress Conference, 5(2), 157–161. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/457
Section
Articles

References

Amrulloh, R. (2022). SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PDAM INTAN BANJAR. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 128–142.

Anastasia, M., & Anizar, S. (2022). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Corporate Social Responsibility Pada PT. Tarungin Bina Mitra. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2526–2533.

Anastasia, M., Rahmayanti, N. P., Anizar, S., & Andriani, N. W. (2022). Sistem Pengendalian Intern Pembelian Dan Penjualan Barang Pada CV. Intiga Harapan Banjarbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(2), 205–216.

Fauziannor, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berorganisasi di kampus STIE Pancasetia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3520–3533.

Helmina, M. R. A., Sutomo, I., & Respati, N. W. (2022). Empirical Examination of Green Industry Strategy through ISO-14001 on Firm Value: Mediating Roles of Profitability and Leverage. Planning, 17(5), 1417–1424.

Huda, I. U. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 109–127.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022a). PERKEMBANGAN ASPEK SIKAP SOSIAL DAN ADAT ISTIADAT MASYARAKAT ADAT DAYAK MERATUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 605–628.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022b). STRATEGI PEMASARAN UMKM MEREK THEMIL DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 88–108.

Huda, I. U., & Sapar, J. F. (2022). ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KOPERASI CREDIT UNION SUMBER SEJAHTERA KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 581–604.

Indiraswari, S. D., & Rahmayanti, N. P. (2022). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Transportasi Di BEI Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 21–35.

Kadir, A. (2022). PENGARUHKOMPENSASIFINANSIALDANSEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADAKOPERASI SIMPAN PINJAM “MUHAMMADIYAHDI MARTAPURA” KABUPATEN BANJAR. RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management), 5(2), 125–137.

Kurniawan, A., Yusuf, M., Manueke, B., Norvadewi, N., & Nurriqli, A. (2022). In Tokopedia Applications, The Effect Of Electronic Word Of Mouth And Digital Payment On Buying Intention.

Kusuma, E. R. H. (2022). ANALISIS PERLAKUAN ASET TETAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (Studi Empiris pada RSUD Ratu Zalecha Martapura). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 158–164.

Lestari, M. M., & Lestari, T. (2022). Analisis Pengaruh Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Pulau Kalimantan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 3553–3565.

Lumanauw, M. K. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bumi Kencana Jaya. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 49–57.

Mahrita, M., & Cahyono, R. (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SDN BINUANG 4 KABUPATEN TAPIN. Media Mahardhika, 20(3), 501–511.

Maulida, M. N., Yousida, I., & Lestari, T. (2022). ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA BKKBN PORVINSI KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 133–140.

Nanda, M., & Lestari, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3954–3964.

Norhidayati, N., & Amrulloh, R. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER NAGITA SLAVINA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Media Mahardhika, 21(1), 1–11.

Putri, C. H., Lestari, T., & Ritawaty, N. (2022). Pengaruh Return on Assets, Equity dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 2230–2240.

Rafid, M., Soukotta, A., Cakranegara, P. A., Sutiyan, O. S. J., & Nurriqli, A. (2021). ANALYSIS OF LIQUIDITY RATIOS, PROFITABILITY RATIOS, AND CAPITAL STRUCTURES ON FINANCIAL DISTRESS CONDITIONS IN SERVICE COMPANIES DURING THE COVID-19 PERIOD. Jurnal Darma Agung, 30(2), 614–622.

Rahman, Y., Normila, N., & Fakhri, F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2019. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 34–48.

Rahmayanti, N. P., & Indiraswari, S. D. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 36–46.

Rahmayanti, N. P., Karsudjono, A. J., & Abdurrakhman, M. Z. (2022). PENGARUH GENDER, PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 143–153.

Rahmayanti, N. P., Sutrisno, S., Ernawati, E., & Anthonius, J. K. (2022). MENJALANKAN BISNIS DENGAN STRATEGI GILA MARKETING SOCIETY 5.0. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–75.

Rediyono, R., Rahmiaty, A., & Cahyono, D. (2022). Pengaruh Belanja Langsung Dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Realisasi Anggaran Dan Kinerja Instansi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 630–652.

Sapar, J. F. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 101–107.

Sarmina, S. (2022). PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS, PIUTANG DAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KOPERASI SERBA USAHA SURYA SEKAWAN DI MARTAPURA. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 96–102.

Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101.