Peningkatan Kualitas SDM melalui Market Place Online dengan Menggunakan Transaksi Platform Digital pada Industri Kerajinan Dupo Tanpa Pewangi

Main Article Content

Mimin Yatminiwati
Riza Bahtiar Sulistyan
Marsuhin Marsuhin

Abstract

Tujuan pengabdian ini yaitu memberikan pemahaman dan pengetahuan pada mitra UD Mahameru tentang kualitas SDM terutama bagi perempuan (gender) dalam pengembangan inovasi produk dupo tanpa pewangi yang dilihat dari konsistensi dan semangat untuk terus berkreativitas. Memberikan pemahaman kepada mitra UD Mahameru tentang pemasaran produknya dimarket place online dengan menggunakan transaksi platform digital yang menjadi tren penjualan produk secara online. Memberikan pemahaman kepada mitra bagaimana konsep keterkaitan kualitas SDM yang memanfaatkan teknologi digital sebagai alat utama distribusi barang. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat penulis simpulkan bahwa mitra usaha dupo tanpa pewangi sudah memahami tentang pemasaran produknya di market place online dengan menggunakan transaksi platform digital. Mitra usaha dupo tanpa pewangi sudah memahami tentang konsep keterkaitan kualitas SDM yang memanfaatkan teknologi digital sebagai alat utama distribusi barang.

Article Details

How to Cite
Yatminiwati, M., Sulistyan, R. B., & Marsuhin, M. (2022). Peningkatan Kualitas SDM melalui Market Place Online dengan Menggunakan Transaksi Platform Digital pada Industri Kerajinan Dupo Tanpa Pewangi. Progress Conference, 5(2), 153–156. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/456
Section
Articles

References

Fakhriyyah, D. D., Wulandari, Y., & Kharisma, C. (2020). Sosialisasi Digital Marketing dan Inovasi Produk Pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1(4), 311-317.

Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60-72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388

Setiyo, J., Paramita, R. W. D., & Sulistyan, R. B. (2021). Exploration Community Empowerment of Lumajang Typical Batik Enterprises for Culture Preservation. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business development), 4(3), 351-355. https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i3.1392

Sulistyan, R. B. (2017). Website Management Training Tourism Village in Sumber Pakel Padang District Lumajang. International Journal of Society Development and Engagement, 1(1), 120-128. https://doi.org/10.29138/scj.v1i2.587

Sulistyan, R. B. (2020). Lecturer E-learning Training: The Role of Social Exchange Theory. Empowerment Society, 3(2), 50-56. https://doi.org/10.30741/eps.v3i2.589

Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., Taufik, M., Kasno, K., & Samsuranto, S. (2022). Identification of Human Resources in the Application of SME Technology. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 22(1), 70-76. https://doi.org/10.30741/wiga.v12i1.799

Sulistyan, R. B., & Paramita, R. W. D. (2021). Business Location Planning Assistance:Preservation of Traditional Culture of Kampoeng Batara Banyuwangi. Empowerment Society, 4(1), 17-21. ttps://doi.org/10.30741/eps.v4i1.634

Tabuena, A. C., Necio, S. M. L., Macaspac, K. K., Bernardo, M. P. E., Domingo, D. I., & Leon, P. D. M. D. (2022). A Literature Review on Digital Marketing Strategies and Its Impact on Online Business Sellers During the COVID-19 Crisis. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Sciene, 2(1), 141-153.

Widiastuti, N. A., Zainudin, A., Filza, D. L., Prayoga, A. P., & Muzakki, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Instagram di CV. Karunia Barokah Jepara. Abdimas Universal, 4(1), 28-33. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i1.155

Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111

Amrulloh, R. (2022). SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PDAM INTAN BANJAR. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 128–142.

Anastasia, M., & Anizar, S. (2022). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial Corporate Social Responsibility Pada PT. Tarungin Bina Mitra. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2526–2533.

Anastasia, M., Rahmayanti, N. P., Anizar, S., & Andriani, N. W. (2022). Sistem Pengendalian Intern Pembelian Dan Penjualan Barang Pada CV. Intiga Harapan Banjarbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(2), 205–216.

Fauziannor, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berorganisasi di kampus STIE Pancasetia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(8), 3520–3533.

Helmina, M. R. A., Sutomo, I., & Respati, N. W. (2022). Empirical Examination of Green Industry Strategy through ISO-14001 on Firm Value: Mediating Roles of Profitability and Leverage. Planning, 17(5), 1417–1424.

Huda, I. U. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 109–127.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022a). PERKEMBANGAN ASPEK SIKAP SOSIAL DAN ADAT ISTIADAT MASYARAKAT ADAT DAYAK MERATUS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 605–628.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2022b). STRATEGI PEMASARAN UMKM MEREK THEMIL DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 88–108.

Huda, I. U., & Sapar, J. F. (2022). ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KOPERASI CREDIT UNION SUMBER SEJAHTERA KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 581–604.

Indiraswari, S. D., & Rahmayanti, N. P. (2022). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Transportasi Di BEI Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 21–35.

Kadir, A. (2022). PENGARUHKOMPENSASIFINANSIALDANSEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADAKOPERASI SIMPAN PINJAM “MUHAMMADIYAHDI MARTAPURA” KABUPATEN BANJAR. RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management), 5(2), 125–137.

Kurniawan, A., Yusuf, M., Manueke, B., Norvadewi, N., & Nurriqli, A. (2022). In Tokopedia Applications, The Effect Of Electronic Word Of Mouth And Digital Payment On Buying Intention.

Kusuma, E. R. H. (2022). ANALISIS PERLAKUAN ASET TETAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (Studi Empiris pada RSUD Ratu Zalecha Martapura). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 158–164.

Lestari, M. M., & Lestari, T. (2022). Analisis Pengaruh Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Pulau Kalimantan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 3553–3565.

Lumanauw, M. K. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bumi Kencana Jaya. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 49–57.

Mahrita, M., & Cahyono, R. (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SDN BINUANG 4 KABUPATEN TAPIN. Media Mahardhika, 20(3), 501–511.

Maulida, M. N., Yousida, I., & Lestari, T. (2022). ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA BKKBN PORVINSI KALIMANTAN SELATAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 133–140.

Nanda, M., & Lestari, T. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3954–3964.

Norhidayati, N., & Amrulloh, R. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER NAGITA SLAVINA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MS GLOW PADA MAHASISWA STIE PANCASETIA BANJARMASIN. Media Mahardhika, 21(1), 1–11.

Putri, C. H., Lestari, T., & Ritawaty, N. (2022). Pengaruh Return on Assets, Equity dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 2230–2240.

Rafid, M., Soukotta, A., Cakranegara, P. A., Sutiyan, O. S. J., & Nurriqli, A. (2021). ANALYSIS OF LIQUIDITY RATIOS, PROFITABILITY RATIOS, AND CAPITAL STRUCTURES ON FINANCIAL DISTRESS CONDITIONS IN SERVICE COMPANIES DURING THE COVID-19 PERIOD. Jurnal Darma Agung, 30(2), 614–622.

Rahman, Y., Normila, N., & Fakhri, F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2019. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 34–48.

Rahmayanti, N. P., & Indiraswari, S. D. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1), 36–46.

Rahmayanti, N. P., Karsudjono, A. J., & Abdurrakhman, M. Z. (2022). PENGARUH GENDER, PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK DENGAN NIAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(2), 143–153.

Rahmayanti, N. P., Sutrisno, S., Ernawati, E., & Anthonius, J. K. (2022). MENJALANKAN BISNIS DENGAN STRATEGI GILA MARKETING SOCIETY 5.0. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69–75.

Rediyono, R., Rahmiaty, A., & Cahyono, D. (2022). Pengaruh Belanja Langsung Dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Realisasi Anggaran Dan Kinerja Instansi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 630–652.

Sapar, J. F. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 101–107.

Sarmina, S. (2022). PENGARUH TINGKAT PERPUTARAN KAS, PIUTANG DAN PERSEDIAAN TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA KOPERASI SERBA USAHA SURYA SEKAWAN DI MARTAPURA. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 96–102.

Tobing, I. L., & Rahmayanti, N. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Melalui Praktik Bisnis Gila Marketing. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 91–101.