Menilai dan Mengukur Tingkat Retensi melalui Kepuasan
Main Article Content
Abstract
Keberhasilan sebuah institusi pendidikan tinggi tergantung dari seberapa besar retensi itu dibentuk dan kepuasan mahasiswa merupakan faktor penting dalam mencapai retensi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung citra isntitusi, kualitas layanan, persepsi harga, dan kepuasan mahasiswa terhadap retensi mahasiswa serta pengaruh citra institusi, kualitas layanan, dan persespi harga terhadap kepuasan mahasiswa dan pengaruh tidak langsung citra institusi, kualitas layanan, dan persepsi harga terhadap retensi mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa. Sebanyak 100 mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang turut berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian ini. Model Persamaan Struktural berbasis SmartPls 3.0 digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung citra institusi dan pesepsi harga terhadap retensi mahasiswa dan juga persepsi harga tidak mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Berdasarkan implikasi praktis kepuasan mahasiswa memiliki peran mediasi penting atas pengaruh citra institusi dan kualitas layanan yang di nilai mahasiswa untuk mendorong kemauan tetap tinggal dan menyelesaikan studinya sampai lulus di Institutt Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang serta kepuasan mahasiswa tidak memiliki peran mediasi penting atas pengaruh persepsi harga terhadap retensi mahasiswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Appuhamilage, K. S. M., & Torii, H. (2019). The Impact of Loyalty On The Student Satisfaction in Higher Education A Structural Equation Modeling Analysis. Higher Education Evaluation and Development. (online). 13(2) (www.emeraldinsight.com/2514-5789.htm). Diakses 28 januari 2020.
Ayunin, K., Setyobakti, M. H., & Murniati, W. (2021). Analisis Kesiapan Usaha Kecil Dalam Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak Emkm) Di Desa Sumberejo Kecamatan Candipuro. Counting: Journal of Accounting, 4(1), 13–21.
Bagus, S., Yahdi, M., & Setyobakti, M. H. (2022). Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Di Desa Umbul Kecamatan Kedungjajang. Counting: Journal of Accounting, 5(1), 9–14.
Carito, D. W., Sulistyan, R. B., & Setyobakti, M. H. (2022). Analysis of the Organizational Structure of the Sih Sah Somo Lumajang Community. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 88–95.
Chandra, Y. A., Kinanti, K. A., & Setyobakti, M. H. (2023). The Role of Receivables Cash and Dividends in Stock Investment on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Accounting and Management Research, 4(2), 60–66.
Hayu, P. H. K., & Ermawati, E. (2022). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI. Counting: Journal of Accounting, 4(3), 186–193.
Hidayati, F., Ermawati, E., & Irwanto, J. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gamis Brand Aulia Fashion (Studi Kasus Pada Warga Kec. Padang-Lumajang). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 5(1), 63–70.
Holili, M., Paramita, R. W. D., & Taufiq, M. (2021). Pengaruh Return on Assets, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return on Equity untuk Memperbaiki Financial Distress. Counting: Journal of Accounting, 3(4), 175–180.
Kinanti, K. A., & Setyobakti, M. (2023). Is the Phenomena of the Increase in Restaurants and Cafes in Lumajang is Directly Compared to Restaurant Tax Acquisition? Innovation Business Management and Accounting Journal, 2(2), 47–54.
Margareta, P., Ermawati, E., & Taufik, M. (2023). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung di Pemandian Waterpark Kawasan Wonorejo Terpadu Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 6(2), 455–464.
Maulidina, F. I., Paramita, R. W. D., & Taufiq, M. (2021). The Effect Of Leverage, Earnings Per Share, And Dividend Policy On Company Value. Assets: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 5(2), 80–87.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., Sulistyan, R. B., Taufiq, M., & Dimyati, M. (2021a). Optimizing the Creative Industry Through the Development of the Triple Helix Model. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 4(5), 655–661. https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i5.1514
Paramita, R. W. D., Rizal, N., Sulistyan, R. B., Taufiq, M., & Dimyati, M. (2021b). Pengembangan Permainan Tradisional Anak Kampoeng Batara Sebagai Inovasi Edukasi Berbasis Ekonomi Kreatif. Progress Conference, 4(1), 503–511.
Quintarti, M. A. L., Sibarani, M. R. L., & Taufiq, M. (2024). Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Narkotika. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(6), 2188–2193.
Setyobakti, M. H., Cahyaningati, R., & Ermawati, E. (2022). Model pembelajaran program Wirausaha Merdeka terhadap minat wirausaha mahasiswa. Progress Conference, 5(2), 306–311.
Setyobakti, M., Istifadah, I., & Kasno, K. (2021). Financial Literacy and Entrepreneurial Finance In Bumdesa Management Study. Advantage Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2).
Setyobakti, M., Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Istifadah, I. (2021). Village Original Income Increase Strategy Through Local Potential Development in Burno Village, Senduro Lumajang East Java Indonesia. International Conference on Social Science, Humanities, Education, and Society Development 2020, 1(1).
Sholeh, M., Indrianasari, N. T., & Setyobakti, M. H. (2021). Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Counting: Journal of Accounting, 3(4), 186–194.
Tanti, T. Y., Setyobakti, M. H., & Salim, A. (2022). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Pada Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang). Counting: Journal of Accounting, 5(2), 72–79.
Taufiq, M. (2021a). Considering the basic benefits of omnibus law for people. Dinamika Hak Asasi Manusia, 12(2), 31–39.
Taufiq, M. (2021b). Constitutionality of State Control Meaning on Mineral and Coal Mining Field. JL Pol’y & Globalization, 111, 6.
Taufiq, M. (2022). Dialog Interaktif Remaja Sebagai Solusi Gerakan Anti Narkoba. Progress Conference, 5(2), 195–205.
Taufiq, M. (2023). Hak menguasai negara di bidang pertambangan mineral dan batubara di era otoda. Journal Equitable, 8(2), 240–270.
Taufiq, M., & Disantara, F. P. (2023). The Principle of People’s Authoritative Manifestation in Mining Management: An Inclusive Legal Perspective. SASI, 29(3), 442–453.
Taufiq, M., & Legowo, P. S. (2022). Pancasila Sebagai Sumber Hukum dan Penjabarannya dalam Undang-Undang Dasar 1945. Jurnal Idea Hukum, 8(1).
Taufiq, M., Muin, F., Anita, N. A., & Hakim, I. (2023). Aspects of Business Law, MSME Development and Travel Cost on Nature Tourism in Sidomulyo Village.
Tresnayanti, A. D., Ermawati, E., & Yatminiwati, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemampuan Manajerial, Dan Citra Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Bintang Mandiri Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 4(3), 186–193.
Umar, M. P., Wijayanti, R., Paramita, D., & Taufiq, M. (2021). The Effect of Leverage, Sales Growth and Profitability on Tax Avoidance. Assets: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 5 (1), 24–29.
Utami, A. C. S., Daniar, R. W., & Taufiq, M. (2021). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Solvabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur BEI Tahun 2017-2019. Progress Conference, 4(1), 252–260.
Yatminiwati, M., & Ermawati, E. (2021). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk. JUMPA Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 14(2), 105–114.
Zahra, A. M., Rizki, V. L., & Setyobakti, M. H. (2023). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat desa karanganom kecamatan pasrujambe kabupaten lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 5(3), 200–212.
Archambault, L. Z. (2008). Measuring Student Satisfaction and Its Impact on Student Retention : Developing a Combined Model For Use in Private, Post-Secondary Institutions. Nova Southeastern University : Dissertation (retrieved from ProQuest LLC).
Arikunto. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.
Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17(2), 114-126.
Athiyaman, A. (1997). Linking Student Satisfactionand Service Quality Perceptions: The Case Ofuniversity Education. European Journal of Marketing, 31(7), 528-540.
Atmaja, N. P. C. D. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pengguna Jasa Penerbangan Domestik Garuda Indonesia di Denpasar. Tesis. Universitas Udayana, Bali.
Azam, A. (2018). Service Quality Dimensions and Students Satisfaction: A Study of Saudi Arabian Private Higher Education Institutions. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 7(2). (www.european-science.com). Diakses 14 Oktober 2019.
Bakrie, M., et al. (2019). The Influence of Service Quality, Institutional Reputation, Students’ Satisfaction on Students’ Loyalty in Higher Education Institution. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 511-518.
Cabrera, A.F., Nora, A., & Castaneda, M. (1993). College Persistence: Structural Equations Modeling Test of an Integrated Model of Student Retention. Journal Higher Edu. 64, 123-39.
Canic, M.J & McCarthy P. M. (2000). Service Quality and Higher Education Do Mix. Quality Progress, 9, 41-46.
Chandra, T., et al. (2018). The Effect of Service Quality on Student Satisfaction and Student Loyalty: An Ampirical Study. Journal of Social Studies Education Research, 3, 109-131.
Carey, K., Cambiano, R. L. & De Vore, J. B. (2002). Student to Faculty Satisfaction at a Midwestern University in the United States. HERDSA, 93 97. Retrieved August 28th 2004, from www.ecu.edu.au / conferences / herdsa / main / papers / ref / pdf / Carey.
Dwi, K., et al. (2017). Pengaruh Citra Institusi dan Kualitas Layanan Terhadap Retensi Melalui Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Universitas Ma Chung di Kota Malang). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law. 14.
Eakuru, N., & Matt, N. K. N. (2008). The Application of Structural Equation Modelling (SEM) in Determining the Antecedents of Customer Loyalty in Banks in South Thailand. The Business Review, 10(2), 129-139.
Esmaeilpour, M., &Barjoei, S. (2016). The Effect of Corporate Image on Customer Satisfaction Through Brand Equity. Advances in Management & Applied Economics, 6(4), 95-109.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gbadamosi, G., & de Jager, J. (2009). What You See is What You Get’: Service Quality, Students’ Perceptions and Satisfaction at South African Universities. South African Journal of Higher Education, 23(5), 877 – 893.
Gremler, Dwayne D. Michael A., & McCollough. (2002). Student Satisfaction Guarantees: An Empirical Examination of Attitudes, Antecedents, and Consequences. Journal of Marketing Education, 14(2), 150-160.
Gruber, T., Fub, S., & Voss, R. (2010). Examining Student Satisfaction With Higher Education Services: Using a New Measurement Tool. International Journal of Public Sector Management, 23(2), 105-123. Doi: 10.1108/09513551011022474.
Hagedorn, L. S. (2005). How to Define Retention : A New Look At An Old Problem. In A. Seidman 121 (Ed.), College Student Retention: Formula for Student Success. (pp. 89-105). Westport: Praeger.
Hanafiah, A. (2015). Analisis dampak kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa dengan kepuasan mahasiswa sebagai variabel intervening (Studi Pada Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Mercu Buana Jakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(3).
Helgesen, Ø., & Nesset, E. (2007). Images, Satisfaction and Antecedents: Drivers of Student Loyalty? A Case Study of a Norwegian University College. Corporate Reputation Review, 10(1), 38-59.
Hill, F. (1995). Managing Service Quality in Higher Education: The Role of the Student as Primary Consumer. Quality Assurance in Education, 3(3), 10-21.
Hoffman, D. K. & Bateson, G. J. E. G. (1997). Essential of Service Marketing. New Jersey: prentice Hall Inc.
Hwang, Y. S., & Choi, Y. K. (2019). Higher Education Service Quality and Student Satisfaction, Institutional Image, and Behavioral Intention. Social Behavior and Personality An International Journal, 47. https://doi.org/10.224/sbp.7622.
Ilhamuddin, J., & Amri. (2018). Pengaruh Citra Organisasi, Penetapan Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 4, 87-106.
Ilyas, I. (2013). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Persepsi Biaya Pendidikan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa/I STIE Pembangunan Tanjungpinang. Program Pasca Sarjana Magister Manajemen. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2009). Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kara, A., & DeShields, O. W. (2004). Business Student Satisfaction, Intentions and Retention in Higher Education: An Empirical Investigation. MEQ, 3.
Kotler, P., & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Mulyono, H. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Citra Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3).
Nguyen, N., & LeBlanc, G. (2001). Image and Reputation of Higher Education Institutions in Students' Retentiondecisions. The International Journal of Educational Management, 15(6/7), 303-311.
Noviasari, R. A. et al. (2015). Pengaruh Citra Institusi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Moch. Sroedji Jember. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(9), 190-201.
Nugroho, Y. A. (2011). It’s Easy Olah Data Dengan SPSS. Klaten: PT Skripta Media Creative.
Oliver, R. L. (1993). Cognitive, Affective, and Attribute Bases of Satisfaction Response. Journal of Marketing Research, 20, 418-430.
Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. New York: Irwin/McGraw Hill.
Permana, A. I. et al. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2.
Polinsky, T. L. (2003). Understanding Student Retention Through a Look at Student Goals, Intentions, and Behavior. Journal of College Student Retention, 4(4), 361-376.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. & Berry, L. (1988). SERVQUAL : A Multi-item Scale Formeasuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(3), 12-41.
Rahman, W. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk. Jurnal EMOR, 2(2), 95-115.
Ratnasari, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Mahasiswa yang Berdampak Pada Word of Mouth (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang). Value Journal of Management and Business, 1(1).
Rust, R. T. & Olivier, R. L. (1994). Service Quality : New Directions in Theory of Practice. Thousand Oaks: Sage.
Saleem, S. S. (2017). Service Quality and Student Satisfaction: The Moderating Role of University Culture, Reputation and Price in Education Sector of Pakistan. Iranian Journal of Management Studies, 10(1), 237-258.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Subagiyo. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Mahasiswa LP3I Cilegon. Jurnal Lentera Bisnis, 4(1).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Implikasinya Pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1, 41-52.
Sulistyan, R. B. (2017). Peran Mediasi Kepuasan Dalam Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Retensi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Lumajang). Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(2), 77-87.
Sulistyan, R. B., Ermawati, E., Hidayat, Z., Lukiana, N., & Kasno. (2019). Retention Management as an Effort to Overcome the Intention of Account Officers to Stop the Company. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(12), 17-25.
Tan, K. C., & Kek, S. W. (2004). Service Quality in Higher Education Using an Enhanced SERVQUAL Approach. Quality in Higher Education, 10(1), 17–24.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi.
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Usman, U., & Mokhtar, S. S. M. (2016). Analysis of Service Quality, University Image and Student Satisfaction on Student Loyalty in Higher Education in Nigeria. International Business Management, 10(12), 2490-2502.
Weerasinghe, I. M. S., & Dedunu, H. H. (2017). University Staff, Image and Students Satisfaction in Selected Regional Universities in Sri Lanka. IOSR Journal of Business and Management, 19(5), 34-37.
Yamit, Z. (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama, Cetakan Keempat. Yogyakarta: Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII.
Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1990). Delivering Service Quality: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.