Memperkuat Branding Dan Promosi Digital: Pendampingan Produk Lokal Unggulan Obat Tradisional “Monascho”

Main Article Content

Ayu Nareswari
Kartika Ayu Kinanti

Abstract

Pada era marketing 5.0 saat ini teknologi dapat meningkatkan pemasaran. Hal tersebut membuat pelaku usaha harus jeli dalam membuat strategi pemasaran, menjadi sekreatif mungkin untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Branding dan promosi digital adalah salah satu dari strategi pemasaran. Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam usaha pemasaran secara digital yaitu dengan melakukan branding. Permasalahan pertama yang dihadapi pelaku usaha Obat Tradisional Monascho dalam melakukan pemasaran digital adalah tidak memahami ragam cara penawaran komunikasi untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Permasalahan kedua adalah kemasan Obat Tradisional Monascho yang kurang menarik. Tujuan pengabdian masyarakat terhadap pelaku usaha Obat Tradisional Monascho adalah memberikan pemahaman dan pengertian pentingnya dan promosi digital dalam upaya meningkatkan penjualan dan menjadi brand yang lebih marketable. Metode pelaksanaan yang dilakukan berupa tahap penyuluhan, tahap diskusi, tahap studi banding, dan tahap pendampingan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat adalah adanya manfaat yang dirasakan oleh pelaku usaha Obat Tradisional Monascho tentang arti pentingnya branding dan promosi digital.

Article Details

How to Cite
Nareswari, A., & Kinanti, K. A. (2022). Memperkuat Branding Dan Promosi Digital: Pendampingan Produk Lokal Unggulan Obat Tradisional “Monascho”. Progress Conference, 5(2), 301–305. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/517
Section
Articles

References

Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.

Chasun, S. D. A. (2019). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Zoya Lamongan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Firli Musfar, T. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. In Media Sains Indonesia.

Ghozali, I. (2017). In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Moh ; Bakhri, syaeful ; Muhamad, A. S. (2021). Faktor Brand Image Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk MaoMao Thai Tea. Jurnal Ilmiah (MEA) Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi.

Hakim, A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian di Instagram: Peran Trust sebagai Variabel Mediator. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.3.296

Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.

Jatmiko, Anggarani, A., & Sudarwan. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. In Universitas Esa Unggul.

Junia, Y. I. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pocari Sweat di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i4.12792

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.

Keller, Kottler. (2016). Intisari Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.

Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.

Kotler, P. Kartajaya, H. Setiawan, I.(2021). Marketing 5.0 : Teknologi Untuk Kemanusiaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.

Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.

Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.

Yunaida, E. (2018). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798–807.