Motivasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Skala Usaha Mikro Menuju Usaha Kecil

Main Article Content

Fauzan Muttaqien
Retno Cahyaningati
Imam Abrori

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan terhadap usaha mikro yang memiliki produk sektor riil maupun jasa di kabupaten Probolinggo. Permasalahan yang dihadapi usaha mikro adalah rendahnya motivasi kewirausahaan dan keterbatasan pengetahuan teknis membuat perencanaan bisnis. Pelaku usaha mikro memiliki sikap dan perilaku bisnis yang konvensional. Disisi lain pelaku usaha mikro menyadari bahwa lahan bisnisnya harus mampu menyumbang profit yang signifikan ditengah turbulensi iklim ekonomi, sehingga harus siap untuk naik kelas menjadi usaha kecil. Metode yang digunakan adalah model pembelajaran orang dewasa (andragogi). Metode ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap keberhasilan pelaku usaha mikro dengan adanya perubahan sikap dan perilaku ke arah pencapaian kemampuan/keterampilan yang memadai. Materi yang disajikan adalah motivasi kewirausahaan dan praktek membuat perencanaan bisnis model canvas. Setiap peserta akan berhadapan dengan peserta lain untuk belajar kelompok sehingga terdapat kemauan untuk bekerjasama, meningkatnya rasa percaya diri, sehingga dapat menstimulasi adanya perubahan-perubahan positif baik secara fisik maupun psikis (kejiwaan) menuju sukses yang berkesinambungan. Pada akhirnya kegiatan ini dapat menstimulasi keinginan dan kemauan pelaku usaha mikro menuju skala usaha kecil. Dengan meningkatnya skala usaha, pelaku usaha cenderung akan menjaga eksistensi dan kepercayaannya khususnya kepada pelanggan, stakeholders pemberdayaan UMKM, pemasok bahan maupun akses permodalan.

Article Details

How to Cite
Muttaqien, F., Cahyaningati, R., & Abrori, I. (2022). Motivasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Skala Usaha Mikro Menuju Usaha Kecil. Progress Conference, 5(2), 275–281. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/513
Section
Articles

References

Asmin. (2011). Konsep Dan Metode Pembelajaran Untuk Orang Dewasa (Andragogi). Jurnal Unimed Medan, 1(1), 1–18.

Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1–13.

Helmina, M. R. A., Respati, N. W., & Sutomo, I. (2021). BAGAIMANA ETIKA KERJA ISLAM MEMPENGARUHI PERSEPSI AUDITOR BERKAITAN FRAUD. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 109–116.

Huda, I. U., & Karsudjono, A. J. (2021). BELANJA DAERAH SEBAGAI UPAYA MENGATASI KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DI KOTA BANJARMASIN. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 50–77.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021a). Analisis Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Selatan. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(2), 1–21.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021b). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32–40.

Jariah, A., Muttaqin, F., & ... (2021). Integration Model Productive Business as Embryo Oyster Mushroom in Village Klakah District Lumajang. … Of Entrepreneurship And …, 04(06), 893–896. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/ijebd/article/view/1537

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758.

Khairunnisa, K. (2021a). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62.

Khairunnisa, K. (2021b). PERAN KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi STIEP, 6(1), 32–36.

Melania, M., Karsudjono, A. J., Kusmaningtyas, A., & Ratnawati, T. (2021). Exploring Characteristic of Women Leadership in Socio-Religious Organization The Catholic Woman of The Republic Of Indonesia South Kalimantan Region. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 31–39.

Muttaqien, F. (2019). Pengantar etika Bisnis dan Profesi (Ratna Wijayanti Daniar Paramita; Ninik Lukiana (ed.); 1st ed.). Widya Gama Press-STIE Widya Gama Lumajang.

Muttaqien, F. (2021). Organizational Culture, Discipline And Work Motivation To Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Employees. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 24. https://doi.org/10.26737/jtmb.v7i1.2326

Muttaqien, F. (2022). A Stimulator of Entrepreneurial Interest : BCM Entrepreneurship Learning and Training Model. 1(2), 62–67. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i2.17

Muttaqien, F., & Sulistyan, R. B. (2022). Product Branding Training Model for MSMEs in Probolinggo Regency. 1(1), 26–31.

Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM.

Muttaqien, F., Taufik, M., Carito, D. W., & Manajemen, P. S. (2022). Model Pembelajaran dan pelatihan kewirausahaan business model canvas sebagai Stimulan minat berwirausaha santri entrepreneurship L Learning and training model Business Canvas Model as a stimulant for santri entrepreneurial interest.

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57.

Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). Permen No. 2 Tahun 2020. In Akrab Juara (Vol. 5, Issue 1, pp. 43–54). http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Suryadi, H. (2021a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 27–39.

Suryadi, H. (2021b). Kepemilikan Manajerial Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Tahun 2015-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 225–239.

Yatminiwati, M., Sulistyan, R. B., Hidayat, Z., & Muttaqien, F. (2022). Human Resources Development in Increasing Sales Turnover of Synthetic Rattan Products. 6(1), 21–30.