Mediasi Manajemen Laba atas Pengaruh Loan to Deposit Ratio terhadap Nilai Perusahaan

Main Article Content

Sochib Sochib
Neny Tri Indrianasari
M. Rijalus Sholihin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeteksi nilai perusahaan yang diprediksi menggunakan Loan to Deposit Ratio dan manajemen laba. Pengelola dapat melakukan praktik manajemen laba agar laporan keuangan dapat diterima investor. Harapannya nilai perusahaan meningkat dan pasar merespon positif. Penelitian ini menguji mediasi manajemen laba atas pengaruh loan to deposit ratio terhadap nilai perusahaan. Populasinya sebanyak 43 bank umum swasta nasional konvensional di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Dengan menggunakan purpose sampling diperoleh 19 entitas yang diamati selama 3 periode menggunakan teknik Analisis Jalur dengan variabel independen loan to deposit ratio, nilai perusahaan sebagai variabel dependen, dan manajemen laba sebagai variabel intervening. Nilai Perusahaan diukur dengan Tobin’s Q yang menghasilkan kesimpulan bahwa loan to deposit ratio berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan manajemen laba tidak bisa memediasi pengaruh loan to deposit ratio terhadap nilai perusahaan.

Article Details

How to Cite
Sochib, S., Indrianasari, N. T., & Sholihin, M. R. (2022). Mediasi Manajemen Laba atas Pengaruh Loan to Deposit Ratio terhadap Nilai Perusahaan. Proceedings Progress Conference, 5(1), 84–93. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/438
Section
Articles

References

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harry I. Wolk, Jere R., & Francis, M. G. T. (1992). Accounting Theory, a conceptual and institutional approach (Third Edit). Ohio: South Western Publising Co.

Herawaty, V. (2008). Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10, 97-108. https://doi.org/10.9744/jak.10.2.pp. 97-108

Husnan, S. (1987). Manajemen Keuangan, Teori dan Penerapan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Lesmana, I., & Sukartha, I. (2017). Pengaruh Manajemen Laba Pada Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1060-1087

Nahar, M., & Erawati, T. (2017). Pengaruh Npm, Fdr, Komite Audit, Pertumbuhan Usaha, Leverage. Akuntansi Dewantara, 1(1), 63–74.

Rahmania, D. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang.

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4394–4422.

Sochib. (2018). Mekanisme Fungsi Manajemen Keuangan Dan Nilai Perusahaan. Assets : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30741/assets.v2i1.217

Subramanyam, K. R. (2010). Analisis Laporan Keuangan (Edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.

Suffah, R., & Riduwan, A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2), 1–17.

Sulistiawan, D., & Januarsi, Y. L. A. (2011). Creative Accounting Mengungkap Manajemen Laba dan Skandal Akuntansi (1st ed). Jakarta: Salemba Empat.

Sulistyanto, S. (2008). Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris (1st ed.). Jakarta: Grasindo.

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248–1277.

Yanuar N. S, Natasya, & Widadi, B. A. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba Perusahaan Publik Di Indonesia Pada Tahun 2008. Journal of Applied Finance & Accounting, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.21512/jafa.v3i1.163