Pendampingan E-Marketing dan Inovasi Produk dari Limbah Kayu pada Aren Handicraft di Desa Tutul Kabupaten Jember
Main Article Content
Abstract
Aren handicraft merupakan salah satu UMKM yang terkena dampak pandemi covid 19 dan sistem penjualan awalnya hanya secara offline. Permasalahan yang terjadi yaitu bidang pemasaran yang masih menggunakan sistem penjualan secara offline sehingga pada masa pandemi ini mengalami penurunan penjualan. Permasalahan lain berupa pemanfaatan limbah kayu yang dibuang sia-sia, padahal dari limbah kayu tersebut dapat dijadikan peluang untuk menghasilkan produk baru. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan pendampingan pemasaran (E-marketing) dengan melakukan penjualan produk melalui media sosial (secara online) dan memberikan pendampingan dalam memanfaatkan limbah kayu menjadi produk kerajinan yang bernilai guna seperti gantungan kunci dan hiasan dinding. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat adalah: (1) Survei lokasi usaha sehingga diperoleh informasi tempat usaha aren handicraft dan persetujuan kontrak kerja sama dengan mitra; (2) Wawancara dengan pemilik usaha aren handicraft maka diperoleh informasi terkait sejarah berdirinya usaha dan permasalahan yang dihadapi sehingga tim pengabdian masyarakat bisa memberikan solusi terkait masalah tersebut; (3) Memberikan pendampingan solusi terkait permasalahan yang dihadapi yaitu pelatihan E-Marketing sehingga mitra akan mendapatkan pengetahuan tentang pemasaran online melalui media sosial dan ide pemanfaatan limbah kayu maka pihak mitra dapat mengolah limbah kayu yang tidak dipakai menjadi produk yang bernilai jual seperti gantungan kunci dan hiasan dinding.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Astiti, N. K. A. (2017). Kerajinan Tradisional Bali Sebagai Elemen Budaya Dan Daya Tarik Wisata. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 12(1), 1–24. https://doi.org/10.47608/jki.v12i12017.1-24
https://investor.id/opinion/275534/umkm-menatap-2022
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lukiana, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Penguatan Usaha Kecil Berbasis Godong Simbukan dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Lumajang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1036-1042.
Muttaqien, F., & Sulistyan, R. B. (2022). Product Branding Training Model for MSMEs in Probolinggo Regency. Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i1.4
Robustin, T. P. (2021a). Assistance On Packaging And Marketing Innovations In The Soy Milk Business. Empowerment Society, 4(2), 26-29. https://doi.org/10.30741/eps.v4i2.698
Robustin, T. P. (2021b). Online and Offline Service Quality Assistance at Ratu Hijab Online Shop. Empowerment Society, 4(1), 1-4. https://doi.org/10.30741/eps.v4i1.630
Robustin, T. P., Ifa, K., Indrianasari, N. T., Liyundira, F. S., Murniati, W., Lukiana, N., & Juliasari, D. (2021). Product Innovation Development in The Creative Industries Aren Handicraft in Jember Regency Tutul Village. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 4(6), 865-868. https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i6.1530
Sulistyan, R. B., & Paramita, R. W. D. (2021). Business Location Planning Assistance: Preservation of Traditional Culture of Kampoeng Batara Banyuwangi. Empowerment Society, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.30741/eps.v4i1.634